PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN MATERI PRASYARAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER I MAN I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

NUR LAILATUL KHASANAH, NIM. 02441166 (2007) PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN MATERI PRASYARAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER I MAN I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN MATERI PRASYARAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER I MAN I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENGUASAAN MATERI PRASYARAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SEMESTER I MAN I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan terhadap siswa kelas XI semester 1 MAN 1 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya : (a) pengaruh yang positif dan bermakna kemampuan pemecahan masalah terhadap prestasi belajar kimia siswa bila penguasaan materi prasyarat dikendalikan secara statistik, (b) pengaruh yang positif dan bermakna penguasaan materi prasyarat terhadap prestasi belajar kimia siswa hila kemampuan pemecahan masalah dikendalikan secara statistik, (c) pengaruh yang positif dan bermakna interaksi antara kemampuan pemecahan Masalah dan penguasaan materi prasyarat terhadap prestasi belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester 1 MAN I Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebanyak 3 kelas dengan jumlah 86 siswa. Sampel yang diamhil sehanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA I dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah 58 siswa Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berbentuk soal esai pada kemampuan pemecahan masalah serta tes berbentuk soal objektif pada penguasaan materi prasyarat dan prestasi belajar kimia siswa Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor (regresi ganda). Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 0,0517 X1 + 0,454 7 X2 + 4,438. Harga koefisien korelasi ganda, Ry(t,2) sebesar 0,637dan harga koefisien determinasi, Ry(1,2)2 sebesar 0,405. Harga koefisien korelasi jenjang pertama, Ry ( 1,2 ) 2 sebesar 0,283 dan Ry2-I sebesar 0,589. Harga kedua r hitung tersehut lehih besar dari harga r tabel taraf signifikansi 5% adalah 0,254. Sumbangan relatif (SR) X1 (kemampuan pemecahan masalah) sebesar 17,8% dan sumbangan relatif (SR) X2 (penguasaan materi prasyarat) sebesar 82,2%. Sumhangan efektif (SE) Xt (kemampuan pemecahan masalah) sebesar 7,21% dan sumbangan efektif (SE) X2 (penguasaan materi prasyarat) sebesar 33,31%. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan hahwa : (a) ada pengaruh yang positif dan bermakna kemampuan pemecahan masalah terhadap prestasi belajar kimia siswa bila penguasaan materi prasyarat dikendalikan secara statistik, (b) ada pengaruh yang positif dan bermakna penguasaan materi prasyarat terhadap prestasi belajar kimia siswa bila kemampuan pemecahan masalah dikendalikan secara statistik, (c) ada pengaruh yang positif dan bermakna antara kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan materi prasyarat secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kimia siswa Dengan sumbangan efektif yang relatif besar, kemampuan pemecahan masalahdan penguasaan materi prasyarat merupakan dua faktor yang tidak boleh diahaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Das Salirawati, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Materi Prasyarat, Prestasi Belajar
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:02
Last Modified: 02 Dec 2015 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18487

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum