PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 5 DEPOK SLEMAN

NARA SHOLIHAH, NIM.01430682 (2007) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 5 DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 5 DEPOK SLEMAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 5 DEPOK SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Beberapa hal yang mempengaruhi hasil belajar Matematika diantaranya adalah ketidaktepatan guru dalam memilih model pembelajaran dan ketidakmampuan peserta didik dalam menganalisa dan memahami soal matematika. Di sisi lain guru belum memanfaatkan peserta didik yang berprestasi tinggi untuk membantu teman-temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya uji coba model pembelajaran pemecahan masalah yang melibatkan peserta didik yang berprestasi tinggi (Tutor Sebaya) dalam kelompok-kelompok belajar di kelas untuk membantu peserta didik dalam kelompoknya yang mengalami kesulitan. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMP N 5 Depok Sleman dengan desain Pretest-Posttest Equivalent-Group Design. Subyek populasi adalah peserta didik kelas Vlll dengan mengambil sampel dua kelas, yaitu kelas VIII-B sebagai kelas Kontrol dan kelas Vlll-C sebagai kelas Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Tes, Angket, Lembar Observasi, dan Wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk menafsirkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika dan respon siswa terhadap pembelajaran pemecahan masalah dengan bantuan tutor sebaya. Sedangkan analisis inferensial yaitu analisis kovarian (anakova) digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan menyelesaikan soalsoal pemecahan masalah peserta didik yang mengikuti pembelajaran pemecahan masalah dengan bantuan tutor sebaya lebih baik dari pada kemampuan peserta didik yang mengikuti pembelajaran pemecahan masalah tanpa bantuan tutor sebaya (2) Respon peserta didik terhadap Pembelajaran pemecahan masalah dengan bantuan tutor sebaya secara keseluruhan adalah positif, (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran pemecahan masalah dengan bantuan tutor sebaya adalah (a) Minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran cukup tinggi {b) Sistem pembelajaran yang mengikuti tahap-tahap pemecahan masalah dapat memudahkan peserta didik untuk memahami konsep materi (c) Keterlibatan Tutor Sebaya dalam kelompok-kelompok belajar di kelas membuat suasana kelas lebih menarik dan lebih aktif. Sedangkan penghambatnya adalah (a) Waktu yang dibutuhkan lebih banyak (b) Pada awal pembelajaran, peserta didik bel urn terbiasa untuk belajar berkelompok, sehingga cukup sulit dalam mengondisikan peserta didik untuk belajar kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Khurul Wardati, M. Si,
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Tutor Sebaya, Belajar Kelompok
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Dec 2015 13:56
Last Modified: 07 Mar 2023 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum