MUSHKILAT TA'LIM MAHARAT AL QIRA'AH FI AL LUGHAH AL' ARABIYYAH LI TULLAB AL SAF AL SABI' BI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH AL ULA YOGYAKARTA AL 'AM AL DIRASAH 2014/2015

AHMAD ZULFAHMI ALFAROCHI, NIM. 11420125 (2015) MUSHKILAT TA'LIM MAHARAT AL QIRA'AH FI AL LUGHAH AL' ARABIYYAH LI TULLAB AL SAF AL SABI' BI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH AL ULA YOGYAKARTA AL 'AM AL DIRASAH 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MUSHKILAT TA'LIM MAHARAT AL QIRA'AH FI AL LUGHAH AL' ARABIYYAH LI TULLAB AL SAF AL SABI' BI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH AL ULA YOGYAKARTA AL 'AM AL DIRASAH 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MUSHKILAT TA'LIM MAHARAT AL QIRA'AH FI AL LUGHAH AL' ARABIYYAH LI TULLAB AL SAF AL SABI' BI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL ISLAMIYYAH AL HUKUMIYYAH AL ULA YOGYAKARTA AL 'AM AL DIRASAH 2014/2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Mahāroh Al-Qirōah bagi siswa kelas VII MTsN Yogyakarta I serta upaya-upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Arab maupun pihak madrasah dalam mengatasi problematika pembelajaran Mahāroh Al-Qirōah, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan cara berpikir induktif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian adalah dari kepala madrasah, guru bahasa Arab, staf tata usaha dan siswa kelas VII. Sedangkan metode analisis data yang digunakan penulis yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan & verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) problematika yang dihadapi siswa meliputi tiga segi kebahasaan yaitu segi linguistik, metodologis dan sosiologis. Dari segi linguistik meliputi (a) semantik, yaitu kesulitan siswa dalam memahami makna/arti suatu kata bahasa Arab, (b) morfologi, kesulitan siswa dalam memahami dan menentukan bentuk suatu kata.(c) sintaksis, kesulitan siswa dalam memahami dan menentukan kedudukan suatu kata bahasa Arab dalam sebuah kalimat. Dari segi metodologis meliputi (a) Problem materi kurikulum, (b) Problem alokasi waktu, (c) Problem tenaga pengajar dan siswa. Dari segi sosiologis yaitu lingkungan sekitar. Adapun upaya yang dilakukan baik oleh guru maupun madrasah diantaranya, (a) guru menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan, (b) guru lebih memahami kebiasaan, sifat dan keadaan siswa serta mengajar dengan metode yang disukai siswa, (c) guru selalu memberi motivasi, arahan dan bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran, (d) upaya madrasah dalam pengadaan laboratorium bahasa, (e) madrasah mengadakan seminar, pelatihan pembuatan RPP kurikulum 2013 bagi para guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. A. Janan Asifuddin, MA
Uncontrolled Keywords: Mahāroh Al-Qirōah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Dec 2015 08:02
Last Modified: 03 Dec 2015 08:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum