HUBUNGAN METODE SIMA'AN TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR'AN BAGI SANTRI MADRASAH HUFFADZ PP. AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

lHYAUDDIN JAZIMI, NIM.01410686 (2007) HUBUNGAN METODE SIMA'AN TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR'AN BAGI SANTRI MADRASAH HUFFADZ PP. AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (HUBUNGAN METODE SIMA'AN TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR'AN BAGI SANTRI MADRASAH HUFFADZ PP. AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB)
[img] Text (HUBUNGAN METODE SIMA'AN TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR'AN BAGI SANTRI MADRASAH HUFFADZ PP. AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kauntitatif. Populasi penelitian ini adalah santri Madrasah Huffadz PP. Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta sebanyak 134 santri. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau sampel acak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas metode sima'an dari 6 butir soal terbukti valid scmuanya. Sedangkan basil analisis reliabilitas sebesar 0,518 sehingga dinyatakan reliabel. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment untuk uji validitas dan korelasi koefisien Alpha dari Cronbach. Sedangkan dalam mengukur hubungan kedua variabel di atas, menggunakan analisis formulasi statistik korelasi sederhana yang dibantu dengan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan hafalan al-Quran bagi santri Madrasah Huffadz PP. al-Munavvwir Krapyak Yogyakarta dengan menggunakan metode sima'an adalah 6,3%. Sedangkan 93,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain; kesungguhan para santri dalam mengulang-ulang hafalan, istiqamah takrir (mengulang-ulang) di dalam shalat, serta adanya target khatam alQur'an jangka waktu tertentu. 2) Hubungan antara metode sima' an terhadap peningkatan hafalan al-Qur'an bagi santri Madrasah Huffadz adalah cukup. Hal ini dikarenakan nilai R positif sebesar 0,287 yang berarti bahwa hubungan metode sima'an terhadap peningkatan hafalan al-Qur'an bagi santri Madrasah Huffadz PP. al-Munawwir Krapyak Yogyakarta adalah cukup bisa meningkatkan hafalan alQur'an pada tingkat sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Umi Baroroh, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Dec 2015 10:23
Last Modified: 03 Dec 2015 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18512

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum