PENDIDIKAN BERBASIS KELUARGA DALAM BUKU "RUMAHKU SEKOLAHKU" KARYA SYAFINUDDIN AL-MANDARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Materi dan Metode)

Luluk lfadah, NIM. 02411240 (2007) PENDIDIKAN BERBASIS KELUARGA DALAM BUKU "RUMAHKU SEKOLAHKU" KARYA SYAFINUDDIN AL-MANDARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Materi dan Metode). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (PENDIDIKAN BERBASIS KELUARGA DALAM BUKU "RUMAHKU SEKOLAHKU" KARYA SYAFINUDDIN AL-MANDARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Materi dan Metode))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (PENDIDIKAN BERBASIS KELUARGA DALAM BUKU "RUMAHKU SEKOLAHKU" KARYA SYAFINUDDIN AL-MANDARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Telaah Materi dan Metode))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai konsep, materi dan metode pendidikan berbasis dalam buku "Rumahku Sekolahku" karya Syafinuddin Al-Mandari dan menariknya ke dalam pembahasan Pendidikan Islam sehingga diperoleh kajian tentang konsep, materi dan metodenya dan bagaimana impilkasinya terhadap Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kepustakaan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode deskripsi, interpretasi dan analisis, yang akhimya adalah merriberikan kesimpulan. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif dengan metode content analysis. Untuk mendapatkan hasil maksimal, secara garis besar materi pembahasan penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogik, namun untuk mendukungnya penelitian ini menggunakan pendekatan metode pembahasan deskript~t-analisis, metode komparasi, metode deduksi dan juga metode induksi. · Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahwa peran dan tanggung jawab orangtua harus diupayakan agar kembali kepada ialur utamanya yakn~ s~ba~ai pendidik pertama bagi anak. Disamping itu orangtua bertanggung jawab untuk mendidik anak dengan konsep Long Life Education, sehingga dari awal anak sudah diberikan pondasi pendidikan dan keilmuan yang kuat yakni ketika anak tumbuh dan berkembang pada masa prenatal dan pra sekolah melalui pendidikan lingkungan keluarga dengan menggunakan rnmusan materi dan metode yang he.nl'lr <l~m tP.pRt. Dengan demikian; diharapkan anak akan lebih lliap monghadapi tantangan dan menjalani kehidupan dimasa berikutnya 2) Materi dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan berbasis kduarga dalam buku "Rumahku Sekolahku", dibagi dalam dua fase yakni pertama materi dan metode untuk p~ndiliikan rnmm prnm1tfll. KP.dua mRtr:ri rl;:in mrtnrlr y11ng rligunahm pada fase pra sekolah 3) Terdapat implikasi antara materi dan metode pendidikan berbasis keluarga dalam buku "Rumahku Sekolahku" dengan pendidikan Islam. dimana materi dan metode yang ada didalamnya, merupakan bagian yang penting dalam proses pengembangan potensi ataupun fitrah manusia; ha! ini terkait erat dengan pendidikan Islam yang memandang bahwa manusia sebagai sebaikbaiknya makhluk Allah dan memiliki potensi sebagai khalifah. Disamping itu, terdapat em.pat rumusan visi yang merupakan derifasi dari proses penerapan materi dan metode yang ada yakni menjadikan rumah sebagai sekolah pertama bagi anak, Tuhan sebagai guru maha utama bagi anak. orang tua sebagai fasilitator utama bagi anak, dan yang terakhir Lingkungan sebagai Laboratorium belajar bagi anak. 4) Pendidikan di lingkungan keluarga merupakan pendidikan pertama dan utama anak dan keberadaan lembaga pendidikan formal tetap penting bagi perkembangan potensi (kecerdasan emosional) anak. penting bagi semua kalangan untuk melakukan keselarasan antara pendidikan anak di lingkungnn kolunrga dengan pendidikan yang dijalani anak di lingkungan pendidikan fonnalnya (sekolah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sumedi, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Dec 2015 14:28
Last Modified: 03 Dec 2015 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum