KREATIVITAS GURU PENDIDJKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

MARYANTI, NIM.02411222 (2007) KREATIVITAS GURU PENDIDJKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (KREATIVITAS GURU PENDIDJKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (KREATIVITAS GURU PENDIDJKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDIT LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kreativitas guru pendidikan agama Islam di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pemikiran bagi kemajuan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat penelitian SDJT Luqman Al Hakim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, obst:rva:si dan dukurm:mlasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, kemudian penyajian data, dan akhirnya dari data yang telah tersusun tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (I) Pelaksanaan pembelajaran PAI di SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta terdiri dari pembelajaran mata pelajaran PAI, bahasa Arab, tahfidz al-Qur'an, dan baca tulis al-Qur'an (BTAQ). Kegiatan sholat berjamaah, kajian ba'da sholat dan NSC (Night Study Club). pemanfaatan media pembelajaran masih kurang hal ini dapat dilihat dari' pemilihan media yang dilakukan, hanya beberapa guru yang telah melakukan rencana pemilihan media. Keaktifan. Pombuatan media sendiri masih terbatas pada media kcrtas dan hanya beberapa guru yang telah membuatnya. Dalam merangsang siswa untuk aktif dilakukan dengan cara memberikan penanyaan sebelum atau sesudah memanfatkan media dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempraktekkan media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rofik, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Dec 2015 15:23
Last Modified: 03 Dec 2015 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum