EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP DI PROGRAM BISA (BELAJAR ISLAM DAN BAHASA ARAB)

AHMAD TAUFIQ MA’MUN, NIM. 08420040 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP DI PROGRAM BISA (BELAJAR ISLAM DAN BAHASA ARAB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP DI PROGRAM BISA (BELAJAR ISLAM DAN BAHASA ARAB))
08420040_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP DI PROGRAM BISA (BELAJAR ISLAM DAN BAHASA ARAB))
08420040_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial (social media) merupakan media interaksi sosial yang menawarkan efisiensi, kemudahan diakses, dan daya jelajah lebih luas. Media sosial bisa digunakan untuk mempertahankan atau mengembangkan relasi yang sudah ada dan yang belum ada, sekaligus mempermudah interaksi sosial di dalamnya. Sedangkan WhatsApp merupakan suatu layanan pesan multiplatform yang menggunakan sambungan internet ponsel pengguna untuk chatting dengan pengguna WhatsApp lainnya. Dengan WhatsApp, orang bisa saling tukar pesan, gambar, audio, video, lokasi dan kontak. Dengan fitur ini banyak orang memanfaatkan untuk bisnis maupun untuk kepentingan lainnya Program BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab) adalah program kursus non formal jarak jauh yang diluncurkan dengan menggunakan WhatsApp. Ustadz Khairul Umam (Abu Razin) pencetus program ini. Program BISA sengaja dirancang dengan silabus dan kurikulum yangtelah disesuaikan untuk seluruh tingkatan pemahaman dan profesi sehingga orang yang belum belajar bahasa Arab sekalipun diyakini bisa menuntaskan program BISA dalam 2 bulan dengan 8 kali pertemuan online via aplikasi WhatsApp Messenger dengan masing-masing 90 menit. Penelitian ini berbentuk field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk memahami fenomena sosial dan mengutamakan teknik pengumpulan datanya melalui observasi keadaan di sekitar. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisa keadaan di sekitar saat pelaksanaan pengajaran bahasa Arab berlangsung dengan menggunakan Media Sosial WhatsApp di Program BISA. Penelitian ini ingin memperoleh hasil tingkat keefektifan pembelajaran bahasa arab di Program BISA. Dari 20 peserta Program BISA angkatan 11 dan 12 yang dijadikan responden, 95 persen mengatakan efektif yaitu sebanyak 19 orang dan semua merasa senang dalam mempelajari bahasa arab melalui media sosial WhatsApp. Faktor yang paling menentukan dari efektifitasnya Program BISA adalah pembuatan silabus dan metode yang struktur serta penyampaian melalui audio dan video yang dikemas dengan penyampaian yang menarik. Teori istima’ bisa mengakomodir disini dimana peserta bisa menyimpulkan secara mandiri apa yang disampaikan dalam audio dan video pembelajaran sehingga peserta bisa mengerjakan tugas setiap pekan dengan benar dan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.S.i
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pembelajaran,Bahasa Arab, Istima’, Program BISA.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Dec 2015 10:37
Last Modified: 04 Dec 2015 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum