AL KALIMAT AL 'ARABIYYAH AL DAKHILAH FI AL LUGHAH AL MALAYUWIYYAH BI WILAYAH PATTANI TAILAND (DIRASAH MORFOLOJIYYAH)

Mr. ADENAN DO, NIM. 11110051 (2015) AL KALIMAT AL 'ARABIYYAH AL DAKHILAH FI AL LUGHAH AL MALAYUWIYYAH BI WILAYAH PATTANI TAILAND (DIRASAH MORFOLOJIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL KALIMAT AL 'ARABIYYAH AL DAKHILAH FI AL LUGHAH AL MALAYUWIYYAH BI WILAYAH PATTANI TAILAND (DIRASAH MORFOLOJIYYAH))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL KALIMAT AL 'ARABIYYAH AL DAKHILAH FI AL LUGHAH AL MALAYUWIYYAH BI WILAYAH PATTANI TAILAND (DIRASAH MORFOLOJIYYAH))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Islam masuk ke Patani (Thailand Selatan) sejak awal abat ke-15 M, tentu telah memberi pengaruh yang sangat besar khususnya dalam bidang perbedaharaan kosakata bahasa Melayu Patani (Thailand Selatan). Proses penyerapan kata dari bahasa Arab ke dalam bahasa Melayu Patani tidak lepas dari pada adanya perkembangan belajar mengajar ilmu agama dan bahasa Arab. Morfologi adalah salah satu cabang ilmu lingguistik yang mempelajari tentang bentuk dan pembentukan kata. Dalam bahasa Arab ilmu ini disebut Shorf. Kajian morfologi tidak bisa terlepas dari pembicaraan tentang morfem. Jenis yang digunakan oleh peneliti yaitu library research (kajian pustaka). Sumber data terdiri dari dua macam, yairu sumber data primer dan sumber data sekunder, Sumber data primer yaitu Buku “ علماء بسر دري فطاني ” dan sumber data sekunder meliputi kamus-kamus, buku-buku, wekipedia, internet, bahan-bahan lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitian yaitu terdapat banyak kosakata bahasa Arab dalam Bahasa Melayu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hisyam Zaini, MA
Uncontrolled Keywords: Kata Serapan, Bahasa Arab, Bahasa Melayu, Patani, Thailand Selatan, Analisis Morfologis
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Dec 2015 08:06
Last Modified: 07 Dec 2015 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18562

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum