EKSPERIMENTASI DIRECT METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN BAHASA ARAB (Pada Siswa Kelas V SDIT Ar-Raihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2006/2007)

DWI IWAN SURANTO, NIM. 01420685 (2007) EKSPERIMENTASI DIRECT METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN BAHASA ARAB (Pada Siswa Kelas V SDIT Ar-Raihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2006/2007). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI DIRECT METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN BAHASA ARAB (Pada Siswa Kelas V SDIT Ar-Raihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2006/2007))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI DIRECT METHOD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN BAHASA ARAB (Pada Siswa Kelas V SDIT Ar-Raihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2006/2007))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan direct method dan tanpa direct method dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan bahasa Arab pada siswa kelas V di SDIT Ar-Raihan Bantul Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Ar-Raihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2006/2007 sebanyak 20 siswa. Karena subyek penelitian kurang dari 100, mengambil pendapat Suharsimi Arikunto maka diambil semua. Dalam penelitian ini diambil dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dengan direct method dan kelompok kontrol sebagai pembanding yang diberi perlakuan tanpa direct method. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan test. Untuk perhitungan analisis data menggunakan bantuan program SPSS. Analisis data meliputi analisis deskriptif dengan menggunakan rumus t "tes", dari hasil analisis tersebut dihasilkan nilai t0 > t, (3,453 >2,101) dengan skor rata-rata untuk kelompok eksperimen yang menggunakan direct method dalam pembelajaran bahasa Arab sebesar 61,00 dan skor rata-rata untuk kelompok kontrol yang tidak menggunakan direct method dalam pembelajaran bahasa Arab sebesar 46,80. Karena t 0 (t observasi) lebih besar dari t, (t tabel) maka dinyatakan H0 (Hipoesis Nihil) ditolak. Untuk persyaratari analisis data menggunakan uji Normalitas dengan rumus one-sample kolmogorov-smirnov-z dan uji homogenitas dengan runms ana/isis varians. Pada uji Normalitas terbukti data berdistribusi normal. Pada pre test kelompok eksperimen P bemilai 0,970 dan pada kelompok kontrol P bernilai 0,889 (P > 0,005 = normal). Sedangkan pada pos test kelompok eksperimen P bernilai 0,558 dan pada kelompok kontrol P bernilai 0,669 (P > 0,005 = normal). Pada uji homogenitas pre test terbukti homogen yang dibuktikan dengan besar F,, < F, (0,763 < 3,179). Sedangkan Pada uji homogenitas post test terbukti homogen yang dibuktikan dengan besar Fh < F, (0,083 < 3,179). Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dengan runms product moment, dan uji reliabilitas dengan rumus alpha. Dari analisis data terbukti seluruh instrumen dinyatakan valid karena rxy > 1;abel (0,434 ). Instrumen tersebutjuga dinyatakan reliabel karena r11 > ~abel (0.9661 > 0.434). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Direct method terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa SDIT Ar-Raihan Bantul Yogyakarta dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada siswa kelas V. 2) Ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan direct method dan tanpa menggunakan direct method.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: DIRECT METHOD, BAHASA ARAB
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Dec 2015 08:43
Last Modified: 11 Dec 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18614

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum