REKONSEPTUALISASI PROFESIONALISME GURU ( Kajian terhadap Undang- Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen)

AHMAD SOPIAN, NIM: 02471045 (2007) REKONSEPTUALISASI PROFESIONALISME GURU ( Kajian terhadap Undang- Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REKONSEPTUALISASI PROFESIONALISME GURU ( Kajian terhadap Undang- Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (333MB) | Preview
[img] Text (REKONSEPTUALISASI PROFESIONALISME GURU ( Kajian terhadap Undang- Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (381MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran konsep tentang profesionalisme guru dan peningkatan profesionalisme guru dalam UndangUndang No.l4 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, serta memberikan gambaran kendala-kendala yang dlhadapl datam penerapan undang-undang . tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai sumbangan pemikiran untuk peningkatan mutu pendidikan serta sumbangan pengetahuan tentang pokok permasalahan yang ada dalam Undang-Undang tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian berdasarkan kajian pustaka (library research), yaitu penelitian yang kajiannya dilaksanakan dengan menelaah dan menyusuri berbagai literature. Kemudian dikumpulkan dan dianalisis, keseluruhan data yang diperoleh diolah secara acak dan tidak terfokus pada salah satu sumber saja. · Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep profesionalisme guru dalam Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen adalah setiap guru harus memiliki standar kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Dari penelitian ini juga daapat diketahui bahwa program peningkatan kompetensi guru dalam Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah: sctiap guru harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi profesional, kompetensi profeslonal dapat diperoleh melalui sertifikasi yang diselenggarakan· oleh perguruan tinggi penyelenggara pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan di tetapkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurrohmah
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Dec 2015 13:54
Last Modified: 11 Dec 2015 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18622

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum