EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI ZAT ADITIF DALAM MAKANAN

MUHAMMAD CHABIB HASBI, NIM. 08680004 (2015) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI ZAT ADITIF DALAM MAKANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI ZAT ADITIF DALAM MAKANAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI ZAT ADITIF DALAM MAKANAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Learning cycle (LC) terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTsN Pamotan pada materi zat aditif dalam makanan. Desain penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen Semu (quasi experiment) dengan rancangan eksperimen control group pretest posttest. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Intruction. Instrumen pengambilan data menggunakan tes (pretest dan posttest) dan data minat belajar siswa menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Independen Sampel T-tes, Mann Whitney dan uji Kolmogorov-smirnov. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa; 1). Rata-rata skor minat belajar siswa kelas eksperimen sebesar 47,38 dan kelas kontrol sebesar 40,58. Berdasarkan hasil uji statistik Kolmogorov-Smirnov nilai sig.(2- tailed)=0,000, yang berarti 0,000<0,05, sehingga efektifitas penggunaan model pembelajaran Learning Cycle efektif terhadap minat siswa. 2). Rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen sebesar 70,42 dan kelas kontrol 55,81. Berdasarkan hasil uji Independent Sampel T-tes, nilai sig. (2-tailed) 0,000, yang berarti 0,000<0,05, sehingga penggunaan model pembelajaran Learning Cycle efektif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Learning Cycle, Minat Belajar, Hasil belajar, Zat aditif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle, Minat Belajar, Hasil belajar, Zat aditif
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2015 08:31
Last Modified: 14 Dec 2015 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18624

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum