PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY IPA BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK SISWA SMP/ MTS KELAS VIII

INDAH KURNIAWATI, NIM. 0868004 (2015) PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY IPA BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK SISWA SMP/ MTS KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY IPA BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK SISWA SMP/ MTS KELAS VIII)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY IPA BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK SISWA SMP/ MTS KELAS VIII)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ENGLISH: This study aims to develop Virtual Laboratory science with adobe flash in photosynthesis for 2nd grade junior high school and to determine the quality from biology teachers and the students. This Research was categorized as R & D by using the ADDIE model. This ADDIE’s model was include analysis, design, development, and evaluation, not execute implementation. Draft was suggested by biology expert, media expert and language expert. Definite implementation was assessed by 2 sains biology teachers and 20 students of 2nd grade in SMP Muhammadiyah 3 Ngadirejo. The qualitative data was converted into score. Score was converted into qualitative score of product. The result showed that the product as “very good” with 91% ideal percentage. Students give 91% percentage of quality product. Thus, this product was asource for pra-laboratory work. Key Word: Virtual Laboratory, Adobe Flash, Photosynthesis INDONESIA: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Virtual Laboratory IPA Berbasis Adobe Flash pada Materi Fotosintesis untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII dan mengetahui kualitasnya menurut penilaian guru IPA dan respon siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model ADDIE sampai pada tahap development tanpa melakukan uji coba skala luas (implementation). Draft produk divalidasi dan diberi masukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Uji coba terbatas dilakukan penilaian oleh 2 guru IPA dan 20 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Ngadirejo. Data kualitatif yang diperoleh diolah menjadi skor. Skor kemudian dikonversi menurut skala persentase kualitas produk. Kualitas produk berdasarkan hasil penilaian 2 guru IPA dinyatakan Sangat Baik (91%). Kualitas produk berdasarkan hasil respon siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Ngadirejo dinyatakan Sangat Baik (91%). Dengan demikian, produk dapat digunakan sebagai bahan ajar mandiri untuk acuan pelaksanaan pra-praktikum siswa SMP/MTs. Kata Kunci: Virtual Laboratory, Adobe Flash, Fotosintesis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Suhardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory, Adobe Flash, Fotosintesis
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2015 08:31
Last Modified: 14 Dec 2015 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18629

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum