PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA SUB MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs

AYU BERLIANTIN S.A, NIM. 10680052 (2015) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA SUB MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA SUB MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA SUB MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan ensiklopedi berbasis Joyful Learning pada sub materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa kelas VIII SMP/MTs, (2) Mengetahui kualitas ensiklopedi berbasis Joyful Learning pada sub materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini hanya sebatas pada tahap ADDE, yakni tahap implementasi tidak dilakukan. Kualitas Ensiklopedi Berbasis Joyful Learning dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 4 peer reviewer, 2 guru IPA dan respon 15 siswa kelas VIII SMPN 12 Yogyakarta instrumen yang digunakan berupa angket checklist. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penilitian bahwa ensiklopedia berbasis Joyful Learning pada sub materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang dikembangkan dengan model ADDIE ditunjukkan hasil penilaian oleh ahli media dengan persentase keidealan 81% termasuk kategori Baik (B), penilaian oleh ahli materi dengan persentase keidealan 86% termasuk kategori Sangat Baik (SB), penilaian peer reviewer dengan persentase keidealan 87% termasuk kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh guru IPA dengan persentase keidealan 94% termasuk kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian oleh siswa dengan persentase keidealan sebesar 80% termasuk kategori Baik (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini telah menghasilkan ensiklopedi berbasis Joyful Learning pada sub materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, dan kualitas ensiklopedi yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kualitas Ensiklopedi yang baik. Kata kunci : Ensiklopedia, Pendekatan berbasis Joyful Learning, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistyawati, S.Pd,I,. M.Si
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia, Pendekatan berbasis Joyful Learning, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2015 08:40
Last Modified: 15 Dec 2015 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18638

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum