PENGARUH MODEL PEMEBLAJARAN GENERATIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MAN WONOKROMO BANTUL

ROBINGATU SOLIKHAH, NIM. 11680002 (2015) PENGARUH MODEL PEMEBLAJARAN GENERATIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MAN WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMEBLAJARAN GENERATIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMEBLAJARAN GENERATIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif barbasis scientific approach terhadap hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbasis scientific approach terhadap hasil belajar biologi pada aspek afektif siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul, (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbasis scientific approach terhadap hasil belajar biologi pada aspek psikomotor siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi exsperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul. Sampel peneliatian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas X MIA 1 (kelas kontrol) dan kelas X MIA 2 (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan observasi. Analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif menggunakan uji Mann Whitney U karena hasil uji prasyarat analisis tidak memenuhi syarat untuk dilakukan uji t, sedangkan untuk hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model generatif berbasis scientific approach pada materi avertebrata lebih efektif dibanding dengan model direct instruction. Hal itu ditunjukkan dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada aspek kognitif, 0,036 < 0,05 pada aspek afektif dan 0,020 < 0,05 pada aspek psikomotor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran generatif berbasis scientific approach meningkatkan hasil belajar biologi pada aspek kognitif. (2) model pembelajaran generatif berbasis scientific approach meningkatkan hasil belajar biologi pada aspek afektif. (3) model pembelajaran generatif berbasis scientific approach meningkatkan hasil belajar biologi pada aspek psikomotor. Kata kunci: Avertebrata, Hasil Belajar, Model Generatif, Scientific Approach

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, S. Pd, M.Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Avertebrata, Hasil Belajar, Model Generatif, Scientific Approach
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2015 08:51
Last Modified: 15 Dec 2015 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum