RESPON SISWI TERHADAP KEWAJIBAN BERBUSANA MUSLIMAH DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta)

NUR HIDAYAH, NIM. 03410019 (2007) RESPON SISWI TERHADAP KEWAJIBAN BERBUSANA MUSLIMAH DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RESPON SISWI TERHADAP KEWAJIBAN BERBUSANA MUSLIMAH DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RESPON SISWI TERHADAP KEWAJIBAN BERBUSANA MUSLIMAH DI SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk. mengungkap bagaimana sebenamya respon siswi SMP Muhammadiyah 9 Y ogyakarta terhadap kewajiban berbusana muslimah di Sekolah. Populasi penelitian ini adalah siswi kelas ·VII, VIII dan IX SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta sebanyak 110 siswi. Penelitian ini tennasuk penelitian populasi karena seluruh siswi yang berjwnlah 110 menjadi subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan statistik deskriptif atau statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: l ). Respon siswi SMP Mubammadiyah Y ogyakarta terhadap kewajiban berbusana muslimah di sekolah termasuk dalam kategori cukup positif. Hal ini didasarkan pada jumlah siswi yang mendapatkan skor diatas skor rata-rata 27,41 yakni 64 siswi (58,18%). Berdasarkan penggolongan presentase, bahwasannya angka presentase 56-65% merupakan presentase yang menunjukkan tingkat persetujuan cukup setuju atau respon cukup positif. Sehingga berdasarkan basil presentase yang diperoleh yakni 58,18%, mengindikasikan bahwa respon siswi SMP Mnhammadiyah 9 Yogyakarta cukup positifterhadap kewajiban berbusana muslimah di sekolah. 2). Faktor-faktor yang mempengaruhi respon siswi SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta terhadap kewajiban berbusana muslimah di sekolah yakni faktor pola pikir dan kepentingan. Faktor pola pikir dipengaruhi oleh 3 aspek yaitu pemahaman, pengalaman pnbadi dan media massa. Pemahaman siswi tentang busana muslimah termasuk cukup baik. Hal ini didasarkan pada jwnlah dan presentase siswi yang mengetahui tentang syarat-syarat busana muslimah dalam setiap item pertanyan dari 4 item pertanyaan tentang syarat-syarat busana muslimah. Yakni, 61 siswi (55,45%) untuk. item pertama, 88 siswi (80%) untuk item kedua, 86 siswi (78,17%) untuk item ketiga dan 88 siswi (80%) untuk item keempat. Sementara itu 40,9% siswi dipengaruhi oleh pengalaman pribadi yang diperoleh dari di sekolah sebelumnya (SD) yang juga telah mewajibkan untuk berbusana muslimah. 43,62% siswi juga dipengaruhi oleh pengalaman pribadi yang didapatkan di lingkungan keluarga dalam melaksanakan kewajiban berbusana muslimah di sekolah. Media massa juga mempengaruhi siswi dalam berblisana muslimah di sekolah, hal ini ditunjukkan dengan 72 siswi (65,44%) yang mengikuti perkembangan trend busana muslimah melalui media massa. Respon siswi dipengaruhi oleh adanya kepentingan-kepentingan dari siswi sendiri dalam berbusana muslimah di sekolah. Ada 27 siswi (24,53%) yang mematuhi kewajiban berbusana muslimah semata-mata hanya untuk mematuhi peraturan sekolah. Sementara itu 75 siswi (68,18%) dilandasi oleh kesadaran atas kewajiban sebagai wanita muslimah dalam melaksanakan kewajiban berbusana muslimah di sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Umi Baroroh., M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 17 Dec 2015 10:37
Last Modified: 17 Dec 2015 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum