PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA

ARIN NISFA LAILI, NIM. 11680041 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media serta mengetahui kualitas media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbasis pendekatan guided discovery materi sistem gerak manusia sub bab persendian. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang dibatasi dengan tahapan ADDE. Penelitian ini meliputi tahapan Analysis (analisis), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), dan tahap Evaluation (evaluasi). Media pembelajaran ini dinilai oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 5 orang peer reviewer, 2 orang guru Biologi, dan 15 orang siswa kelas XI SMA untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap produk media pembelajaran. Instrumen yang digunakan berupa angket. Data berupa data kualitatif yang diubah menjadi bentuk kuantitatif dan selanjutnya dianalisis untuk mengetahui kualitas media pembelajaran Biologi yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan penilaian reviewer terhadap kualitas media pembelajaran Biologi Adobe Flash CS6 yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 86,55%. Penilaian ahli media, dengan persentase 89,41% (sangat baik), ahli materi sebesar 91,25% (sangat baik), peer reviewer sebesar 85,47% (sangat baik), dan guru Biologi sebesar 80,8% (baik). Berdasarkan penilaian tanggapan siswa dengan persentase 76,28% (baik). Hasil perolehan data menunjukkan bahwa media pembelajaran Biologi Adobe Flash CS6 berbasis pendekatan guided discovery pada materi sistem gerak manusia layak digunakan dalam pembelajaran pada kelas XI SMA/MA. Kata Kunci : Adobe Flash CS6, Guided discovery, media pembelajaran, sistem gerak manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistiyawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash CS6, Guided discovery, media pembelajaran, sistem gerak manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2015 11:06
Last Modified: 18 Dec 2015 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18721

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum