PERANAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MERAWAT KEHIDUPAN UMAT BERAGAMA: STUDI ATAS FKUB BANTUL YOGYAKARTA

ABDUL KIROM, NIM. 1220510077 (2015) PERANAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MERAWAT KEHIDUPAN UMAT BERAGAMA: STUDI ATAS FKUB BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MERAWAT KEHIDUPAN UMAT BERAGAMA: STUDI ATAS FKUB BANTUL YOGYAKARTA)
1220510077_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERANAN FORUM KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (FKUB) DALAM MERAWAT KEHIDUPAN UMAT BERAGAMA: STUDI ATAS FKUB BANTUL YOGYAKARTA)
1220510077_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kehidupan masyarakat Yogyakarta yang plural, ramah dan rukun, dan mendapat predikat “city of tolerance”. Namun pada tahun 2014 mendapat pukulan yang sangat keras. Karena seringnya terjadi intoleransi beragama. Kabupaten Bantul sebagai bagian dari Daerah Yogyakarta juga tidak lepas dari kasus-kasus intoleransi beragama. Peran FKUB Bantul yang profesional dan memiliki langkah serta strategi dalam mengatasi kekerasan dapat menciptakan kerukunan masyarakat, agar masyarakat merasa tenang terutama dalam beribadah. Kenyataan ini yang mengilhami penulis untuk meneliti lebih lanjut tentang FKUB Bantul sebagai wadah kerukunan umat beragama. Fokus penelitian ini adalah penulis menganalisi bagaimana kehidupan masyarakat Bantul, peran FKUB, penyelesaian, konstruksi dan mempertahankan kerukunan umat beragama. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), yakni penelitian yang menganalisa data lapangan seperti data primer, observasi lapangan untuk mengamati secara langsung, dan data sekunder sebagai data pendukung. Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis dan metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara untuk menggali informasi yang terkait dengan kerukunan umat beragama. Berdasarkan kajian dalam tesis ini penulis menemukan terkait kerukunan umat beragama yang dilakukan FKUB Bantul, diantaranya; Menyelesaikan berbagai kasus dengan dialog dan musyawarah. Menjalin komunikasi dengan mitra kerja yang terkait dengan kerukunan, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Melakukan pembinaan kerukunan agar masyarakat memiliki mind set keberagamaan yang inklusif. Memberikan rekomendasi pendirian rumah ibadah tidak hanya mengikuti aturan pemerintah. Walaupun segala persyaratan terpenuhi tapi FKUB Bantul tetap memastikan persetujuan dari tingkat RT. Mengadakan kemah bersama, saling mengunjungi antar pemuka agama dan masyarakat agar saling memahami satu sama lain. FKUB Bantul juga melakukan pemetaan terhadap daerah yang rawan konflik agar mudah memantau daerah yang berpotensi terjadinya konflik. Memperdayakan juru dakwah untuk mengkampanyekan nilai-nilai kerukunan serta merespon geraka-gerakan radikal sedini mungkin supaya masyarakat tidak terprovokasi. Mengajak masyarakat untuk bersikap dewasa yang tidak lagi membicarakan mayoritas-minoritas. Melainkan harus melihat satu keindonesiaan yang utuh. Melestarikan tradisi dan budaya lokal sebagai media perjumpaan umat beragama yang menjadi media integrasi dan berjumpanya umat tanpa melihat latar belakang keyakinan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Singgih Basuki, MA.
Uncontrolled Keywords: Wadah Kerukunan, Agama dan Kerukunan Umat
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Dec 2015 14:45
Last Modified: 30 Dec 2015 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18748

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum