EVALUASI TERHADAP PELAKSANAAN MUHADHARAH SISWI KELAS X MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DI ASRAMA SALSABILA (STUDI KASUS DI ASRAMA SALSABILA MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)

HUSNUL KHOTIMAH ABDI, NIM. 03420240 (2007) EVALUASI TERHADAP PELAKSANAAN MUHADHARAH SISWI KELAS X MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DI ASRAMA SALSABILA (STUDI KASUS DI ASRAMA SALSABILA MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASITERHADAP PELAKSANAAN MUHADHARAH SISWI KELAS X MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DI ASRAMA SALSABILA (STUDI KASUS DI ASRAMA SALSABILA MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EVALUASITERHADAP PELAKSANAAN MUHADHARAH SISWI KELAS X MADRASAH ALIYAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DI ASRAMA SALSABILA (STUDI KASUS DI ASRAMA SALSABILA MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kegiatan muhadharah di Asrama Salsabila dengan menjadi partisipan aktif dalam kegiatan tersebut; dan untuk mengetahui hasil evaluasi pelaksanaan muhadharah serta menyimpulkan faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan muhadharah di Asrama Salsabila. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa Arab pada umumnya, dan Asrama Salsabila Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan sebuah studi kasus eksplanatoris yang artinya menjawab keterangan sebuah objek secara mendalam, dalam hal ini adalah evaluasi terhadap pelaksanaan muhadharah siswi kelas X di Asrama Salsabila. Sumber data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu : observasi (yang meliputi observasi secara deskriptif dengan menjadi partisipan aktif dalam kegiatan muhadharah, observasi secara terfokus dengan menganalisa sampel teks muhadharah siswi yang berjumlah 61 orang untuk mengetahui kesalahan sintaksis, dan observasi selektif kepada siswi yang berpidato bahasa Arab selama masa penelitian yang berlangsung dua bulan untuk mengetahui kesalahan fonologis), dokumentasi (hasil rekaman pidato siswi dan lembar evaluasi musyrifah), lembar kuesioner (pemyataan siswi), dan bahan pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kegiatan muhadharah merupakan kegiatan informal di asrama dalam meningkatkan kompetensi bahasa Arab dan lnggris siswi di Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. 2) Evaluasi dalam kegiatan muhadharah di asrama Salsabila meliputi dua aspek yaitu : Aspek kebahasaan dan aspek non kebahasaan. Aspek kebahasan terdiri dari kesalahan dalam pengucapan (jono/ogi) dan kesalahan dalam susunan kalimat (sintaksis). Sedangkan aspek non kebahasaan terdiri dari kelancaran dalam berpidato, penguasaan topik atau teks pidato, dan kerjasama antar siswi dalam kegiatan muhadharah. 3) Hasil dari evaluasi pelaksanaan muhadharah menunjukkan bahwa kesalahan siswi dalam aspek kebahasaan rata-rata lima sampai tiga belas kali, dan kesalahan siswi dalam aspek non kebahasaan rata-nita satu sampai tujuh kali. 4) Faktor pendukung kegiatan • muhadharah di Asrama Salsabila yaitu : Peranan pamong asrama, peranan musyrifah sebagai pembimbing muhadharah, kegiatan muhadharah yang bervariasi membuat siswi tidak Iekas bosan dan jenuh terhadap kegiatan muhadharah. Sedangkan faktor penghambat kegiatan muhadharah di Asrama Salsabila adalah: Kegiatan muhadharah yang berlangsung selama satu jam menjadi terbatas, disiplin siswi terhadap peningkatan bahasa kurang, khususnya dalam menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris sehari-hari, minat dan perhatian siswi terhadap pidato bahasa Arab atau bahasa Inggris kurang, khususnya dalam bertanya mengenai kosa kata atau membuka kamus ketika menyusun teks pidato berbahasa Arab dan lnggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Dec 2015 08:41
Last Modified: 30 Dec 2015 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum