ANALISIS FRAMING JURNALIS DALAM PUBLIKASI KEKERASAN ATAS NAMA AGAMA DI JA WA TENGAH (PEMAHAMAN JURNALIS TERHADAP REGULASI PERUNDANGAN PERS)

ABAZ ZAHROTIEN, NIM. 1320512095 (2015) ANALISIS FRAMING JURNALIS DALAM PUBLIKASI KEKERASAN ATAS NAMA AGAMA DI JA WA TENGAH (PEMAHAMAN JURNALIS TERHADAP REGULASI PERUNDANGAN PERS). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FRAMING JURNALIS DALAM PUBLIKASI KEKERASAN ATAS NAMA AGAMA DI JA WA TENGAH (PEMAHAMAN JURNALIS TERHADAP REGULASI PERUNDANGAN PERS))
1320512095_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FRAMING JURNALIS DALAM PUBLIKASI KEKERASAN ATAS NAMA AGAMA DI JA WA TENGAH (PEMAHAMAN JURNALIS TERHADAP REGULASI PERUNDANGAN PERS))
1320512095_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Eskalasi konflik dapat dipengaruhi oleh faktor publikasi media massa. Media massa dapat meningkatkan eksalasi konflik, tetapi dapat berperan sebaliknya, ia mampu meredam konflik dan bahkan menyelesaikan konflik. Dalam hal konflik agama, dimana tingkat sentimen masyakarat Indonesia yang tinggi akan mampu berkembang menjadi konflik yang semakin besar apabila publikasi yang disiarkan media bersifat provokatif dan memancing reaksi. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui latar belakang jumalis sebagai salah satu faktor dalam publikasi produk jumalistik. Dengan mengetahui latar belakang jumalis serta faktor-faktor yang mempengaruhi produk jurnalistik mereka, maka akan memiliki pula gambaran tentang kualitas sumber daya manusia yang memproduksi produk jumalistik. Dalam hal ini, peneliti melakukan pendekatan terhadap narasumber dengan pendekatan psikososial antropologis. Pendekatan secara psikologis dilakukan untuk mengetahui gambaran psikologis diri jurnalis sedangkan pada lingkup sosial diarahkan untuk mengetahui kondisi jurnalis dan lingkungan kerja sekitar mereka, termasuk faktor-faktor yang memberi pengaruh terhadap produk jurnalistik. Sebagai produk lapangan metode penggalian data yang dilakukan dengan observasi,wawancara, kajian dokumen dan literer. Dalam penelitian ini, peneliti membatasi wilayah jurnalis di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung di Provinsi Jawa Tengah yang merupakan wilayah dengan tingkat konflik atas nama agama tertinggi di provinsi ini. Penelitian yang dihasilkan dalam penyusunan produk ilmiahnya menyandarkan pada beberapa teori, pertama adalah teori analisis framing, sebuah teori dalam ilmu komunikasi yang terbilang baru untuk membaca faktor-faktor lain dalam pembentukan sebuah produk jurnalistik. Selain analisis framing, sandaran yang digunakan lainnya adalah teori peace journalism yang pertama kali diperkenalkan Johan Galtung dan dikembangkan oleh Jake Lynch dan Annabel McGoldrick. Terakhir, teori yang juga digunakan untuk melengkapi adalah sembilan elemen jurnalisme yang merupakan hasil penelitian dari Bill Kovach. Dari penelitian ini ditemukan masih banyak faktor yang menjadi penghambat seorang jurnalis dalam menyusun produk jurnalistik. Pertama, pemahaman terhadap regulasi yang mengikat pekerjaan mereka masih rendah. Kedua, aplikasi dari produk perundang-undangan masih rendah diantaranya karena faktor gratifikasi, dependensi, tradisi copy paste dan faktor pengaruh dari perusahaan media. Dalam analisis regulatif, menjadi dasar bagi jurnalis yang ingin membuat berita heboh (headline) namun mengabaikan prinsip-prinsip dan aturan dalam konflik bernuansa SARA sehingga kerap memicu reaksi dari pembaca atau pemirsa media massa tersebut. Sampling yang diambil secara acak dari publikasi kekerasan atas nama agama yang terjadi pada wilayah penelitian menunjukkan masih banyak kelemahan-kelemahan jurnalis dalam membuat produk jurnalisitik, dimana basil

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Moch. Nur Ichwan, MA
Uncontrolled Keywords: jurnalistik, agama, konflik, wartawan, media massa
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Dec 2015 14:57
Last Modified: 30 Dec 2015 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum