KONSEP MEMATIKAN DIRI SEBELUM MATI DALAM PANDANGAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI DESA RANTAU BAIS KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR PROVINSI RIAU

SYAFRIZALMI ISHAK, SUD, NIM. 1320511093 (2015) KONSEP MEMATIKAN DIRI SEBELUM MATI DALAM PANDANGAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI DESA RANTAU BAIS KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR PROVINSI RIAU. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MEMATIKAN DIRI SEBELUM MATI DALAM PANDANGAN TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI DESA RANTAU BAIS KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR PROVINSI RIAU)
1320511093_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (41MB) | Preview
[img] Text
1320511093_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kajian ini dilatar belakangi oleh pemahaman Tarekat Naqsyabandiyah mengenai konsep mematikan diri sebelum mati. Bagaimana mungkin merasakan mati, jika saat ini kita masih hidup. Secara umum kematian adalah terpisahnya antara jasad dan jiwa manusia, sehingga jasad manusia tidak berfungsi lagi dan lama-kelamaan akan menjadi bangkai. Memang pernah terdengar ditelinga kita, bahwa ada sebagian manusia yang pernah merasakan mati Suri. Tetapi kematian tersebut dilakukan dengan tidak sengaja dan secara terus-menerus. Menurut lmu Thanatologi (ilmu kedokteran), Mati Suri (Apparent death/Suspended animation) Adalah penurunan fungsi organ vital sampai saraf minimal yang reversible. Sehingga diketahui ternyata hidup lagi setelah dinyatakan mati. Mati suri sering ditemukan pada kasus keracunan obat tidur, tersengat listrik atau tersambar petir,dan tenggelam. Agama Islam memandang bahwa kematian adalah terpisahnya jasad dan jiwa manusia, sehingga akan menempuh alam selanjutnya yaitu“Alam Kubur/Barzah”, bagi orang yang taat menjalankan segala perintah Allah, maka akan selamat dari siksa kubur, namun sebaliknya bagi orang yang selalu berbuat dosa, maka akan merasakan siksaan tersebut hingga sampai datangnya hari kiamat. Untuk itu Islam mengajarkan agar selalu mengingat kematian, sehingga akan tumbuh kesadaran bahwa setiap manusia yang hidup saat ini pasti menghadapi kematian. Maka rasa semangat untuk mendekatkan diri kepada Allah akan tumbuh pada diri seseorang. Jadi, adakah ajaran Islam yang menganjurkan kepada umatnya untuk mematikan diri sebelum mati?, serta apakah sama mati suri dengan mati yang dilakukan oleh jama‟ah tarekat Naqsyabandiyah?, atau apakah seseorang harus bunuh diri dahulu, sehingga merasakan kematian.? Berbagai persepsi yang tumbuh dibenak kita. Oleh sebab itu penulis ingin meneliti permasalahan tersebut. Bagaimana sesungguhnya konsep mematikan diri sebelum mati dalam pandangan Tarekat Nasyabandiyah di Desa Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir provinsi Riau. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (lapangan) yaitu mengumpulkan data-data melalui wawancara, observasi dan lain sebagainya dengan melihat bagaimana syariat Islam dalam memahami kematian. Sehingga ditemukan titik permasalahan dalam penelitian ini. Sejauh pemahaman penulis terhadap penelitian ini, ternyata mematikan diri sebelum mati dalam pandangan Tarekat Naqsyabandiyah adalah seorang salik belajar mati sebelum mati yang sesungguhnya. Artinya, membayangkan dirinya (salik) seakan-akan telah mati seperti : dimandikan, dikafani, di sholatkan, hingga sampai diantar masukkan keliang lahat (dalam kubur). Sehingga hati akan selalu dekat dengan Allah Swt, dan tidak tertipu dengan kenikmatan dunia yang sifatnya sementara ini. Tujuannya adalah mematikan hawa nafsu, ketika beribadah kepada Allah Swt seperti zikir, sholat, dan lain sebagainya). Sehingga seorang salik ikhlas beribadah hanya semata-mata mengharapkan keridhaan-Nya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Syaifan Nur, M.A
Uncontrolled Keywords: Belajar mati sebelum mati yang sesungguhnya, mematikan hawa nafsu
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Dec 2015 15:02
Last Modified: 30 Dec 2015 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18799

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum