EVALUASI PENCAHAYAAN RUANG BACA PERPUSTAKAAN TERHADAP TATA LETAK LAMPU PADA PERPUSTAKAAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UGM (STUDI ERGONOMI)

Rita Yulianti, NIM.05140066 (2007) EVALUASI PENCAHAYAAN RUANG BACA PERPUSTAKAAN TERHADAP TATA LETAK LAMPU PADA PERPUSTAKAAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UGM (STUDI ERGONOMI). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PENCAHAYAAN RUANG BACA PERPUSTAKAAN TERHADAP TATA LETAK LAMPU PADA PERPUSTAKAAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UGM (STUDI ERGONOMI))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PENCAHAYAAN RUANG BACA PERPUSTAKAAN TERHADAP TATA LETAK LAMPU PADA PERPUSTAKAAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UGM (STUDI ERGONOMI))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Perpustakaan sebagai tempat untuk belajar membutuhkan intensitas pencahayaan yang cukup untuk mendukung aktivitas penggunanya. Pencahayaan pada ruang baca perpustakaan menentukan kenyamanan membaca bagi pengguna. Hal ini merupakan salah satu aspek dari pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ruang baca Perpustakaan Jurusan Teknik Mesin FT UGM sudah sesuai dengan standar pencahayaan yang direkomendasikan untuk ruang baca atau belum serta mengevaluasi tata letak lampunya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pendekatan ergonomi. Metode pengambilan data dengan observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan pengamatan secara mendalam disertai dengan aktivitas pengukuran kondisi eksisting intensitas pencahayaan di ruang baca dan menganalisa kondisi pencahayaan ruang baca tersebut baik alarni maupun buatan serta faktor - faktor yang mempengaruhi pencahayaan ruangan misalnya wama dinding, langit-langit, lantai, jendela dan perabot. Dari hasil penelitian diketahui bahwa intensitas pencahayaan rata-rata sebesar 231 Ix dengan pengaturan pemasangan armatur 2 kolom x 5 baris untuk 10 armatur, menggunakan larnpu 2xTL 36W. Hasil tersebut tidak sesuai dengan standar pencahayaan yang direkomendasikan untuk ruang baca perpustakaan yaitu sebesar 500 - 700 Ix. Untuk itu dilakukan penghitungan untuk menambah intensitas pencahayaan dengan menggunakan penghitungan indeks ruang dimana kondisi ruangan menentukan nilai faktor refleksi, penyusutan dan perbandingan antara ukuran-ukuran utama suatu ruangan. Dari hasil penghitungan, untuk mendapatkan intensitas pencahayaan sebesar.500 Ix diperlukan penambahan jumlah lampu sebanyak 4 buah yang tersusun dalam 2 armatur. Penempatan larnpu disesuaikan dengan kondisi yang ada dimana lampu telah terpasang secara pennanen. Altematif solusi yang dilakukan untuk mendapatkan pencahayaan yang optimal adalah dengan mengatur penempatan perabot yaitu rak buku dan meja baca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Tri Septiyantono., M.Si
Uncontrolled Keywords: Ergonomi, Pencahayaan Ruang Baca
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 04 Jan 2016 11:24
Last Modified: 04 Jan 2016 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18823

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum