STRATEGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK BERKAH LESTARI DI DUSUN KARANGKULON DESA WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

TRI SETYOWATI, S SOS I, NIM. 1320012038 (2015) STRATEGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK BERKAH LESTARI DI DUSUN KARANGKULON DESA WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK BERKAH LESTARI DI DUSUN KARANGKULON DESA WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
1320012038_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI KELOMPOK BERKAH LESTARI DI DUSUN KARANGKULON DESA WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL)
1320012038_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan merupakan sebuah upaya dalam memberikan penguatan skill (keterampilan), serta kemudahan akses agar masyarakat memiliki kesempatan yang lebih untuk berkembang dan mampu meningkatkan kesejahteraan mereka. Minimnya partisipasi aktif dari perempuan dalam pembangunan, membuat perempuan menjadi pihak yang semakin termarginalkan. Kelompok Berkah Lestari sebagai sebuah paguyuban batik tulis di Dusun Karangkulon desa Wukirsari kecamatan Imogiri Bantul, yang merupakan bentukan dari LSM Dompet Dhuafa dan masyarakat sekitar Karangkulon pasca gempa, berupaya melakukan pemberdayaan masyarakat terutama perempuan melalui potensi lokal. Berangkat dari pemaparan diatas penulis ingin menggali lebih dalam tentang strategi pemberdayaan yang dilakukan masyarakat Karangkulon, dalam memberdayakan perempuan serta dampak pemberdayaan bagi perkembangan ekonomi mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, untuk menjelaskan strategi pemberdayaan serta dampak pemberdayaan bagi perkembangan ekonomi anggota kelompok Batik berkah lestari. Adapun hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: Melalui kelompok tersebut perempuan Karangkulon belajar berorganisasi, mewarnai batik dan manajemen pemasaran dari hasil batik yang mereka produksi. Di tengah maraknya batik cap dan printing perempuan Dusun Karangkulon tetap berusaha memproduksi batik tulis, karena membatik tulis merupakan warisan turun temurun daridulu sampai sekarang. Salah satu tujuan mereka adalah mempertahankan batik tulis ini sebagai wujud pelestarian budaya yangsudah ada sejakdahulu. Hasil yang mereka capai dengan melakukan pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Berkah Lestari, perempuan Dusun Karangkulon mampu menunjukan partisipasi mereka di ranah publik. Dari Kelompok ini, mereka mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang membatik, mamasarkan, serta pendapatan yang lebih.Dengan bergabung di kelompok Berkah Lestari.Tidak hanya itu keberadaan kelompok Berkah Lestari mampu memberikan kontribusi lebih bagi perempuan di Dusun Karangkulon yang semula hanya ibuibu rumah tangga, sekarang menjadi pengrajin batik yang menghasilkan uang untuk kebutuhan mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro’fah, S.Ag., BSW., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Dampak, Pemberdayaan, Kesejahteraan, Kelompok Batik Berkah Lestari, Pelestarian Budaya
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jan 2016 10:08
Last Modified: 05 Jan 2016 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18837

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum