MUBTADI`IN, NIM. 1320410055 (2015) KOMPARASI BUKU AS-ṢARF AL-WĀḌIḤ DAN AL-AMṠILATU AL-TAṢRĪFIYYAH (KAJIAN METODOLOGI PEMBELAJARAN QAWĀ`ID). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Other (KOMPARASI BUKU AS-ṢARF AL-WĀḌIḤ DAN AL-AMṠILATU AL-TAṢRĪFIYYAH (KAJIAN METODOLOGI PEMBELAJARAN QAWĀ`ID))
1320410055_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.PDF Download (1MB) | Preview |
|
Other (KOMPARASI BUKU AS-ṢARF AL-WĀḌIḤ DAN AL-AMṠILATU AL-TAṢRĪFIYYAH (KAJIAN METODOLOGI PEMBELAJARAN QAWĀ`ID))
1320410055_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.PDF Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
KOMPARASI BUKU AS-ṢARF AL-WĀḌIḤ DAN AL-AMṠILATU AL-TAṢRĪFIYYAH (Kajian Metodologi Pembelajaran Qawā‘id). Problematika pembelajaran bahasa Arab terjadi hampir di seluruh elemen, baik kurikulum, pendekatan, metode, media, materi, termasuk pembelajaran ṣaraf. Berbagai upaya sudah dilakukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab, baik oleh kalangan akademisi maupun non akademisi. Dari sekian elemen pembelajaran bahasa Arab, materi pelajaran merupakan sarana yang paling penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sampai saat ini materi pelajaran pada umumnya tersusun dalam bentuk buku teks (text books). Buku teks tersebut membantu sukses dan berhasilnya pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Fokus penelitian ini adalah komparasi buku As-ṣaraf al-wāḍiḥ dan alamṡilatu al-taṣrīfiyyah kajian metodologi (metode) pembelajaran qawāid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam menyampaikan meteri, serta ingin mengetahui bagaimana penerapan seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi dalam kedua buku tersebut. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan untuk jenis penelitianya adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam buku yang ada di perpustakaan. Objek penelitian ini adalah buku teks (as-ṣarf al-wāḍiḥ dan al-amṡilatu al-taṡrīfiyyah) yang masuk pada rumpun bahasa Arab, sekaligus menjadi sampel penelitian. Buku, kitab, dokumen, dan jurnal yang relevan dengan tema ini, baik cetak maupun non cetak yang mendukung penelitian menjadi data sekunder yang membantu peneliti dalam proses penyelesaian penelitian. Ada dua metode yang digunakan dalam pembelajaan ṣaraf yaitu metode praktek - teori dan metode deduktif, namun metode yang dominan digunakan adalah metode praktek – teori. Metode praktek lebih efektif dalam membimbing peserta didik agar lebih aktif dalam belajar ilmu ṣaraf. Dalam seleksi materi pelajaran buku ṣaraf ini didasarkan pada tujuan, yaitu mampu mengubah satu kata menjadi beberapa bentuk kata serta bentuk tasrifan baik istilahi mupun lugawi. Sedangkan untuk gradasi dibagi menjadi dua yaitu pengelompokan dan pengurutan. Untuk presentasi menggunakan prosedur diferensial dan kontekstual. Dan untuk repetisi dalam materi buku saraf al-amṡilatu al-taṣrīfiyyah dan al-ṣarf al-wāḍiḥ peserta didik hendaknya mengulang dan menghafalkan materi pelajaran agar mudah mengingatnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. H. Maksudin, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Komparasi, al-ṣarf al-wāḍiḥ, al-amṡilatu al-taṣrīfiyyah |
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 05 Jan 2016 10:18 |
Last Modified: | 05 Jan 2016 10:18 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18840 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |