MANAJEMEN BERMAIN BERBASIS SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI KELOMPOK BERMAIN DAN RAUDHATUL ATHFAL KHOIRU UMMAH SLEMAN

FAAT NASYIRUDDIN, NIM. 1320410097 (2015) MANAJEMEN BERMAIN BERBASIS SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI KELOMPOK BERMAIN DAN RAUDHATUL ATHFAL KHOIRU UMMAH SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN BERMAIN BERBASIS SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI KELOMPOK BERMAIN DAN RAUDHATUL ATHFAL KHOIRU UMMAH SLEMAN)
1320410097_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN BERMAIN BERBASIS SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI KELOMPOK BERMAIN DAN RAUDHATUL ATHFAL KHOIRU UMMAH SLEMAN)
1320410097_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Faat Nasyiruddin (1320410097). Manajemen Bermain Berbasis Sentra dalam Mengembangkan Potensi Anak di Kelompok Bermain dan Raudhatul Athfal Khoiru Ummah Sleman. Tesis. Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, di pundak mereka kelak peradaban akan ditentukan. Generasi penerus yang berkualitas adalah generasi yang dibekali dengan pendidikan yang baik agar dirinya menjadi manusia seutuhnya dan berkualitas sehingga menjadi generasi yang lebih baik dari pendahulunya dan berguna bagi bangsa. Hingga tahun 2013 Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan anak usia dini mencapai 63,01% dari total anak usia 3-8 tanun 18,520,685 jiwa. Pencapaian mutu pendidikan anak usia dini belum menunjukkan sesuai yang diharapkan jika dibandingkan dengan perkembangan pendidikan anak usia dini di negara-negara lain. Pendidikan pada usia dini sangat penting untuk membantu anak mengembangkan potensinya. Keberhasilan pendidikan anak usia dini sangat bergantung kepada pelaksanaan proses bermain. Agar proses bermain berjalan secra optimal maka hendaknya diperlukan manajemen yang baik. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Penentuan subyek peneliti mengunakan teknik purposive sampling. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penganalisisan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif-kualitatif. Dalam keabsahan data ini peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Manajemen Bermain Sentra di Kelompok Bermain dan Raudhatul Athfal Khoiru Ummah Sleman sudah sesuai dengan tahapan-tahapan manajemen, hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya fungsifungsi manajemen dalam tahapan pelaksanaan bermain sentra, yang dawali dengan perencanaan bermain sentra, pengorganisasian bermain sentra, kepemimpinan bermain sentra, pengarahan bermain sentra serta adanya Pengawasan berupa supervisi. Kedua, Hasil belajar manajemen bermain sentra di Kelompok Bermain dan Raudhatul Athfal Khoiru Ummah Sleman dapat terlihat perkembangannya yang meliputi nilai-nilai agama dan moral, motorik: motorik kasar dan motorik halus, kognitif: mengenal pengetahuan umum dan konsep, ukuran, bentuk serta pola, bahasa: menerima dan mengungkapkan, serta sosial-emosional. Perkembangan potensi anak tidak akan lepas dari lingkungan sekolah, Kelompok Bermain dan Raudhatul Athfal Khoiru Ummah Sleman telah mensetting lingkungan sekolahnya dengan menyusaikan aspek pekembangan anak sehingga potensi anak dapat berkembang secara optimal.Ketiga, Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam proses manajemen bermain berbasis sentra dalam mengembangkan potensi anak di Kelompok Bermain dan Raudhatul Athfal Khoiru Ummah Sleman meliputi: a. faktor pendukung 1) guru, para guru berusaha agar proses bermain sentra dapat berjalan sebaik mungkin. 2) siswa atau peserta didik, rasa ingin tahu yang tinggi dari siswa dalam kegiatan bermain sentra sebagai faktor penunjang pelaksanaan kegiatan bermain. 3) sarana dan prasarana yang nyaman sebagai ruangan bermain sentra, serta sarana bermain outdoor yang memadai ix untuk mendukung proses bermain berbasis sentra. 4) lingkungan sekolahyang harmonis sehingga terciptanya lingkungan sekolah yang baik untuk penerapan bermain berbasis sentra. b. faktor penghambat 1) siswa yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Sehingga diperlukan perlakuan yang berbeda. 2) guru yang ada belum sesuai dengan standar sangat mempengaruhi mutu pendidikan anak usia dini di Kelompok Bermain dan Raudhatul Athfal Khoiru Ummah Sleman. 3) keterbatasan permainan yang dilakukan pada setiap pijaknnya, sehingga peserta didik tidak mempunyai pilihan yang banyak dalam memilih permainan yang sesuai dengan keinginannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H.Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Bermain Sentra dan Potensi Anak
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Jan 2016 10:26
Last Modified: 05 Jan 2016 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum