EVALUASI PROYEK VALIDASI DATA KOLEKSI BUKU DAN BARCODE BUKU PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

NOVA INDAH WIJAYANTI, NIM. 05140067 (2007) EVALUASI PROYEK VALIDASI DATA KOLEKSI BUKU DAN BARCODE BUKU PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROYEK VALIDASI DATA KOLEKSI BUKU DAN BARCODE BUKU PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA-.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROYEK VALIDASI DATA KOLEKSI BUKU DAN BARCODE BUKU PERPUSTAKAAN FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV, V-.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian tentang evaluasi proyek validasi data koleksi buku dan barcode buku telah dilakukan di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Latar belakang dalam penelitian ini proyek mengalami keterlambatan dari jadwal yang ditetapkan. Estimasi awal dari pimpinan proyek adalah proyek ini akan selesai dalam kurun waktu 100 hari .. Untuk itulah perlu diadakan evaluasi mengenai proyek tersebut ditinjau dari aspek jadwal proyek. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah berapa lama waktu yang ideal untuk setiap aktivitas dalam proyek, berapa lama kurun waktu yang ideal untuk penyelesaian proyek, berapa jumlah sumber daya manusia yang diperlukan dalam setiap aktivitas pelaksanaan proyek, dan berapa biaya yang ideal untuk proyek tersebut Penelitian dilakukan dengan terlebih dahulu membagi proyek dalam sejumlah aktivitas. Aktivitas yang telah didapat kemudian dihitung durasinya. Dalam penelitian ini dipakai satuan hari. Pengamatan dilakukan sebanyak 20 kali. Estimasi waktu dengan memakai metode PERT yaitu berupa besaran probabilistik yang meliputi tiga macam yaitu waktu optimis, waktu pesimis dan waktu paling mungkin . Tiga estimasi waktu yang diperoleh menghasilkan waktu yang diharapkan (waktu nyata). Hasil penelitian adalah waktu yang ideal untuk proyek dengan 4010 eksemplar buku adalah 460 hari. Perhitungan tentang kurun waktu proyek dihasilkan dari perhitungan maju dan perhitungan mundur dari aktivitas-aktivitas dalam proyek. Sehingga, proyek yang dimulai pada tanggal 8 Maret 2006 optimal selesai pada tanggal 26 Agustus 2007. Perhitungan in sekaligus mengaplikasikan biaya dan tenaga kerja proyek. Hasil evaluasi adalah proyek tersebut masih berada dalam waktu optimal, sehingga estimasi dari pimpinan proyek terlalu optimis. Untuk tenaga kerja terdistribusi merata. Sedangkan dari segi biaya, karena masih dalam waktu optimal; tidak perlu dilakukan percepatan (crash program) pada jalur kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Umar Sidik, SIP.
Uncontrolled Keywords: pengolahan, proyek, metode PERT, koleksi dan barcode
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jan 2016 14:52
Last Modified: 05 Jan 2016 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18848

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum