SANDI AJI WAHYU UTOMO, SPDI, NIM. 1320412190 (2015) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
1320412190_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA)
1320412190_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Sandi Aji Wahyu Utomo, Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini berawal dari kualitas mutu pendidikan di sekolah-sekolah sekarang ini belum seperti yang diharapkan, salah satu penyebabnya adalah kemampuan profesional guru yang masih kurang. Menyadari hal itu, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan standar kompetensi dan sertifikasi guru, antara lain dengan disahkannya UU Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah, dan Permenag bahwasanya guru profesional memiliki lima kompetensi utama yakni: kompetensi pedagogis, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi kepemimpinan keagaman. Salah satu cara untuk meningkatkan kelima kompetensi tersebut dapat dicapai melalui peran dan manajemen dari kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru; (2) Keberhasilan Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru; (3) Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan, menggunakan analisis model Miles dan Hubberman, yakni model interaktif dengan langkah-langkah; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta, yaitu: (1) Mengikutsertakan para guru mengikuti pelatihan/penataran. (2) Melaksanakan model pembelajaran yang menarik, baik variasi metode maupun variasi sumber belajar. (3) Membina mental para guru hal-hal yang berkaitan dengan etos kerja, komitmen, dan tanggung jawab tugas pendidik. (4) Menerapkan waktu belajar secara efektif dan efisien di sekolah. (5) Melakukan penilaian kinerja guru secara berkala. (6) Memberikan reward kepada para guru. Keberhasilan yang dicapai manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru, yaitu bahwa para guru sudah menerapkan kelima standar kompetensi dasar yang diatur oleh pemerintah dengan sebaik-baiknya. Sedangkan faktor penghambat manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru, yaitu: (1) Biaya operasional (2) Kualitas dari peserta didik. (3) Peran orang tua. Sedangkan faktor pendukungnya meliputi: (1) Aturan yang jelas dari pemerintah dan yayasan/majelis. (2) Kuantitas warga sekolah memadai. (3) Adanya kerjasama dengan berbagai instansi pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si., MA |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kepala Sekolah, Kompetensi Guru |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 06 Jan 2016 08:24 |
Last Modified: | 06 Jan 2016 08:24 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18851 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |