ANALISIS KONSEP PAUD KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF ISLAM

NAJANUDDIN, NIM. 1320430004 (2015) ANALISIS KONSEP PAUD KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONSEP PAUD KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF ISLAM)
1320430004_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONSEP PAUD KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ANAK PERSPEKTIF ISLAM)
1320430004_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Najanuddin, Analisis Konsep PAUD Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Anak Perspektif Islam, Tesis, Jurusan Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA) Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Analisis Konsep PAUD Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Anak Perspektif Islam muncul karena minimnya kajian konsep PAUD yang khas Indonesia dan lahir dari alam dan kebudayaan kita. Banyak para ahli yang menekankan pentingnya kontekstualisasi dengan sosial budaya Indonesia, tetapi konsep pendidikan yang berkembang Indonesia didominasi oleh ”barang impor”. Itulah yang menjadikan penulis tertarik untuk mengkaji konsep PAUD Ki Hadjar Dewantara. Rumusan masalah dalam kajian ini adalah, bagaimana dialetika Ki Hadjar Dewantara dengan pemikiran Frobel dan Maria Montessori, bagaimana konsep Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan anak usia dini ? Bagaimana konsep PAUD Ki Hadjar Dewantara dalam perspektif pendidikan anak dalam Islam? Penelitian ini bertujuan: mengetahui dialektika pemikiran Ki Hadjar Dewantara, memberikan pemahaman mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang PAUD, mengetahui titik temu dan perbedaan pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang PAUD dan pendidikan anak usia dini dalam Islam. Penelitian jenis kualitatif ini merupakan library research dengan bentuk dialektis, deskriptif analitis –sinstesis dan komparatif. Dengan cara dialektis, peneliti ingin menganalisa dialektika Ki Hadjar Dewantara dengan pemikiran Frobel dan Maria Montessori dan dengan diskriptif peneliti ingin menguraikan sebagaimana adanya konsep pemikiran Ki hadjar Dewantara tentang anak usia dini. Terakhir dengan telaah analisis-komparatif, peneliti ingin menelaah konsep pendidikan anak usia dini menurut Ki Hadjar Dewantara dalam persepektif Islam, sehingga diketahui adanya kelebihan dan kelemahan pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Temuan dalam kajian ini, konsep PAUD Ki Hadjar Dewantara lahir dari dialektika dirinya dengan konsep pendidikan Frobel dan Maria Montessori serta dikawinkan dengan konteks sosial budaya alam Indonesia. Dasar pendidikan anak bersandar pada Pancadarma, yakni kodrat alam, kemerdekaan, kebudayaan, kebangsaan dan kemanusiaan. Pendekatan pendidikan anak menggunakan pendekatan Sistem Among. Metode pendidikan anak usia dini meliputi; keteladanan, pembiasaan, keterampilan, kesenian dan metode bermain. Materi pelajaran berdasarkan pada dua prinsip, yakni mengembangkan kehalusan budi dan kecerdasan intelektual serta keterampilan. Dalam persepektif pendidikan anak dalam Islam, konsep PAUD Ki Hadjar Dewantara mempunyai titik relevansi, meskipun ada beberapa yang berbeda, seperti pengenalan keimanan dan ketauhidan tidak tercantum secara eksplisit dalam konsep Ki Hadjar Dewantara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Jan 2016 08:46
Last Modified: 06 Jan 2016 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18856

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum