PENDIDIKA.N AGAMA ISLAM BAGI PENTANDANG TUNA GRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

ENI TRI SUSANTI, NIM. 02471275 (2007) PENDIDIKA.N AGAMA ISLAM BAGI PENTANDANG TUNA GRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKA.N AGAMA ISLAM BAGI PENTANDANG TUNA GRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKA.N AGAMA ISLAM BAGI PENTANDANG TUNA GRAHITA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
BAB II. III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (74MB)

Abstract

Latar belakang pemilihan judul ini berangkat dari pasal 31 yang berbunyi “Tiap warga negara berhak mendapat pengajaran Dari hak tersebut menuntut adanya kewajiban untuk ikut serta dalam pembangunan. Hak ini tidak terbatas pada kenormalan atau tidak kenormalan seseorang. Hak dan kewajiban ini berlaku juga dalam kehidupan beragama. Namun karena ketiknormalan itu tentunya mempunyai cara pengajaran yang berbeda dengan anak-anak normal lainnya. Oleh karena itu penelitian ini di lakukan di SL TPLB Negeri Pembina yogyakarta khususnya dalam Pendidikan Agama Islam. Sekolah ini adalah salah satu dari 5 sekolah luar biasa tingkat propinsi yang menjadi sekolah percontohan bagi sekolah keluarbiasaan lainnya. Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah untuk mengetahui Tujuan, Materi, Metode,Media dan evaluasi serta pendukung dan penghambat kegiatan belajar mengajar di SLTPLB Negeri Pembina Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi guru dalam mengajar. Penelitian im adalah penehtlan kuahtatit: suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data diskripsi berupa kata-kata tertulis /kesan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, dengan mengambil objek penelitian dari proses KBM di SL TPLB Negeri Pembina Yogyakarta.data diperoleh dengan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan 3 tahapan. Pertama, kegiatan reduksi data yaitu kegiatan penyederhanaan dan tranformasi data kasar dari lapangan. Kedua, pengumpulan data di atas menjadi teks naratif. Ketiga, kesimpilan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan (1) Tujaun Pengajaran Agama Islam sama dengan tujuan Pendidikan Agama Islam pada sekolah biasa yang adalah membentuk manusia muslim yang bertaqwa dan berguna bagi bangsa dan Negara.(2) Pokokpokok materi serta unsur-unsur yang terkandung di dalamnya juga sama dengan sekolah biasa, natnun dalfl.m namun materi itu sendiri berpedoman pada kurikulum keluarbiasaan. (3) Untuk metode yang di gunakan di gunakan di SLTPLB Negeri Pembina ini adalah metode ceramah, metode praktek/demonstrasi, metode Tanya jawab dan metode penug2.san. Sedang media yang digunakan adalah TV, Tape recorder, radio dan CD Player. Penggunaan kedua alat pendukung pembelajaran penggunaanya disesuaikan dengan kebutuhan.(4) SLTPLB Negeri Pembina Y ogyakarta mengikuti kurikulum yang sedang berlaku yaitu kurikulum berbasis kompetensi. Maka dari itu evaluasi dilakukan dalam 3 ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor, namun tentu saja disesuaikan dengan taraf berfikir mereka. Interprestasi kemampuan ini dilakukan secara individual tanpa membandingakaii teman sekelas atau kelompok tertentu.(5)Banyak sekali penghambat yang ditemui dalam proses KBM dari murid perbedaan latar belakang keluarga, kenakalan, suka mernbolos dan ketunaan ganda yang dimiliki beberapa murid. Dari guru tidak adanya buku diktat, sikap guru yang kurang tegas dan jam pelajaran yang singkat. Sementara pendukungnya dari segi pendanaan, luas sekolah , hubungan yang baik dengan pihak luar danjllinlah murid yang tidak metebihi batas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Johariyah, M. Pd,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Bagi Penyandang Tuna Grahita
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jan 2016 15:53
Last Modified: 06 Jan 2016 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18862

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum