PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN DI BPR SYARI’AH BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA

IRA RAKA SIWI, NIM. 11390022 (2015) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN DI BPR SYARI’AH BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN DI BPR SYARI’AH BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA)
11390022_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN DI BPR SYARI’AH BANGUN DRAJAT WARGA YOGYAKARTA)
11390022_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah penyampaian dan penerimaan pesan antara pengirim pesan (sender) dengan penerima (receiver), baik secara langsung maupun tidak langsung. Menurut Devito terdapat lima sikap positif yang mendukung komunikasi interpersonal. Namun dalam penelitian ini hanya digunakan tiga sikap positif yaitu keterbukaan, sikap mendukung dan kesetaraan. Kualitas pelayanan adalah segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan guna memenuhi harapan konsumen. Parasuraman, Zeithaml dan Berry mengembangkan model SERVQUAL ke dalam lima dimensi. Namun dalam penelitian ini hanya digunakan tiga dimensi yaitu bukti fisik, daya tanggap dan kepastian. Penelitian ini bertujuan Untuk menjelaskan pengaruh komunikasi interpersonal dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan produk tabungan di BPR Syari’ah Bangun Drajat Warga Yogyakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Selanjutnya analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan keterbukaan, sikap mendukung, kesetaraan, bukti fisik, ketanggapan dan kepastian berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan produk tabungan di BPR Syari’ah Bangun Drajat Warga Yogyakarta. Berdasarkan uji t variabel kepastian berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan produk tabungan di BPR Syari’ah Bangun Drajat Warga. Sedangkan keterbukaan, sikap mendukung, kesetaraan, bukti fisik, dan ketanggapan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menggunakan produk tabungan di BPR Syari’ah Bangun Drajat Warga. Pengujian ini menghasilkan koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 33,8%. Berarti 33,8% variabel keputusan nasabah dipengaruhi oleh keenam variabel independen yaitu keterbukaan, sikap memdukung, kesetaraan, bukti fisik, daya tanggap dan kepastian. Sisanya (100% - 33,8% = 66,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.A. Yusuf Khoiruddin., SE.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Keterbukaan, Sikap Mendukung, kesetaraan, Bukti Fisik, Kepastian, Keputusan Nasabah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jan 2016 08:27
Last Modified: 08 Jan 2016 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum