MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR' AN NURUL UMMAH KOTAGEDEYOGYAKARTA

HAFIDUDIN BADRUN ZAMAN, NIM. 02471099 (2007) MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR' AN NURUL UMMAH KOTAGEDEYOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hafidudin Badrun Zaman, Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Pada Taman Pendidikan Al-Qur'an Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta (Telaah Atas Manajemen Kurikulum dan Program Pengajaran, Tenaga Kependidikan dan Kesiswaan). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikar. dan menganalisis manajemen penyelenggaraan pendidikan pada Taman P.endidikan Al-Qur'an Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yang terdiri dari komponen manajemen kur::kulum dan program pengajaran, manajemen tenaga kcpendidikan, dan manajemcn l~esiswaan I kesantrian. Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapa~ mer.1berikan kontribusi berarti bagi peningkatan mutu penddidikan terutama dalam hal penyelen~garaan lembaga pendidikan usia clini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif kualitatif dan dilaksanakan di Taman Pendidikan AI-Qur'an (TPQ) Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Responden penelitian tediri dari kepala, n<;t~rh if~n uitadzah, penguruo, oortu mujli3 3Untri TPQ · NuiUl Uuuualt. P13,ngumpulan data dilakukan dengan pcngumatm1, wawan(itfa weuualam, tl~n rlokumentas1. Sedangkan analisis data mengguuakan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penyelenggaraan pendidikan pada Taman Pendidikan AI-Qur'an Nurul Ummah Kotagede Yo~yakarta, secl)ra ke:se:lnruhan belum menerapk::m manujcmcn komponcnkoponen pendidikan berdasarkan konsep M&najemen Berbasis Sekolah (MBS) dari segi komponen-kompenen pendic!ikan yang meliputi : manajemen k111 ik1drtk '" t_hm pro~:J;ram p0ngajaran, manaJcmcn knll[}'l k..:.p~::uJiJt\.au Jau man~emen kesiswaan. (1) Manajemen KuriKu!um dan Program Pengajaran yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan Jan penitaian kurikulum, TPQ Nurnl Ummah baru melaksanakan kegiatun perencanaan dan pelaksanna kurikulum. Sedangkan penilaian kurikulum belum dilaksanakan. (2) Konsep MBS tentang manajemen tenaga kependidilcan yang mcliputi : perencanaau pt:gawai, pengadaan pegawai, pembinaan dan pengembangan pegawai, prcmosi dan mutasi, pemberhentian pegawai, kompensasi, penilaian pegawai. Pada TPQ Nurul Ummah yang telah diadakan yaitu : perencannan pegawi, pengadaan pegawai, pembinaan dan pengembangan pegawai, pemberhentian pegawai dnn kompensasi. Selebihnya belum dilaksanakan oleh TPQ Nurul Ummab. (3) Manajemen kesiswaan I ke~antrian berdasar konsep MBS meliputi tiga tugas utama yaitu : penerimaan murid haru, kegiatan kemajuan belajar, scrta himbingan dan pembin·aan: disiplin telah dilaksanakan oleh TPQ Nurul Ummah. Dari penelitian ini diharapkan adanya evalnasi atau penilaian kurikulum oleh TPQ Nurul Ummah. Kiranya perlu untuk menyusun kalender pendidikan secara mandiri dengan tetap mengacu pada kalender akaddemik Pondok Pesantren Nurul Ummah. Dan untuk tahun-tahun mendatang porsi ustadz pengajar TPQ Nurul lJmmah y~ne sncl~h lult1s Madrasah Diniah Nurul tJmmnh (MDNU) ag<'l.r ditambah untuk fokus dalam mengajar dengan tetap berpegang pada standar bahwa ustadz TP{J Nurul Ummah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen, pendidikan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jan 2016 13:42
Last Modified: 11 Jan 2016 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18897

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum