PEMANFAATAN MASJID AL-MADINAH SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI SISWA MTS NEGERI SLEMAN KOTA

SAMSUL ARIFIN, NIM. 02471220 (2007) PEMANFAATAN MASJID AL-MADINAH SEBAGAI SARANA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI SISWA MTS NEGERI SLEMAN KOTA. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini rnencoba menganalisis model dan proses dari kegiatan-kegiatan pemanfaatan masjid al-Madinah sebagai sarana pengembangan pendidikan Islam bagi siswa MTs Negeri Sleman Kota serta hasil yang telah dicapai dari kegiatan terse but. Keberhasilan pendidikan Islam tidak lepas dari sarana dan prasarana pendidikan. Pemanfaatan masjid sebagai sarana pendidikan Islam harus dimantaatkan secara optimaL Melihat dari tungsinya masjid mempunyai kegunaan sebagai tempat ibadah, politik, sosial, ekonomi, budaya, dan pendidikan. Pendidikan tidak hanya mengajarkan ranah kognitiftetapi juga ranah afektif dan psikomotorik kepada para siswanya. MTsN Sleman Kota adalah contoh madrasah yang memanfaatkan sarana masjid yang ada di dalam lingkungan rnadrasah yaitu masjid al-Madinah untuk menjadikannya sebagai sarana pengembangan pendidikan Islam. Para siswa tidak hanya dijadikau st:bagai obyek pendidikan akan tetapi menjadikannya aktif, kreatif, dan menumbuhkan sitat percaya diri mereka serta tidak menjadikan proses pendidikan dengan pengawasan yang terlalu ketat dan otoriter. Sejauh mana pelaksanaan dari kegiatan pemanfaatan masjid al-Madinah untuk mewujudkan proses pembelajaran dua arah ini, menjadi scbuah pertanyaan yang mt:uw-ut ptmyusun layak untuk diteliti lebih lanjut Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data yang meliputi observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Dan analisis data yang digl.lmtkan dahlm peneliti;:m ini flfl~ll'!h p~ndekatan kualitH,tif SuhyAk data dalam penelitian ini adalah pengurus program keagamaan, pengurus program kemasjidan, berikut kepala madrasah dan gtlllJ. Sedangkan obyek penelitiannya menekankan pada pelaksanaan pemanfaatan masjid pada tahap perencanaan dan pemanfaatan masjid al-Madinah sebagai sarana pengembangan pendidikan Islam bagi siswa, serta hasil-hasil yang dicapai oleh rnadrasah yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1 ). Kegiatan-kegiatan pemanfaatan masjid al-Madinah sebagai sarana pengembangan pendidikan Islam bagi siswa antara lain: Shalat dhuhur berjama'ah, shalat dhuha, shalat jurn'at, mujahadah, mengadakan peringatan-peringatan hari besar Islam, pelatihan pengajian perkelas paralel, dan pembinaan muadzin. 2). Faktor pendukung dari pelaksanaan kegiatan 1m adalah kekompakan kepala sekolah, para guru, karyawan, masyarakat, dan civitas MTs Nege1i Sleman Kota. Sedangkan faktor penghambatnya adalah hrrang akiifnya siswa dalam mengihtti kegiatan, dan alokasi waktu yang kurang untuk pelaksanaan kegiatan pengembangan pendidikan Islam di MTs Negeri Sleman Kota. 3). Dari hasil pelaksanaannya, dilihat dari proses pelaksanaannya dengan mewawancarai para guru termasuk baik. Dari hasil rata-rata aneht sisw<1 2,803 dan wal i murid 2,66 tcrgolong baik. Sedangkan dari prestasi akademik siswa nilainya termasuk kategori baik, serta prestasi non akademik siswa dengan banyak menjuarai Iomba-lomba khususn)1L_)!illlg_b__erhuhungan_dengaiLn1ateri=-------materi kelslaman menjadi indikator keberhasilan kegiatan-kegiatan tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan masjid, pendidikan, islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jan 2016 13:46
Last Modified: 11 Jan 2016 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum