PENGARUH LAMA DAN CARA PENGERINGAN TERHADAP KADAR VITAMIN C DALAM RUMPUT LAUT (Eucheuma spinosum) ( Sebagai Alternatif Somber Bela jar Kimia pada Materi Pokok Reaksi Oksidasi-Reduksi di SMAIMA)

SITI NURRAHMI LOLY A.M, NIM. 03440401 (2007) PENGARUH LAMA DAN CARA PENGERINGAN TERHADAP KADAR VITAMIN C DALAM RUMPUT LAUT (Eucheuma spinosum) ( Sebagai Alternatif Somber Bela jar Kimia pada Materi Pokok Reaksi Oksidasi-Reduksi di SMAIMA). Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama pengeringan langsung dan tak langsung menggunakan Gahaya matahari terhadap kadar vitamin C dalam rum put laut jenis Eucheuma spino~um. S~lAi n im jug~ untnk mr:ngr:tl'lhni apakah proses dan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber belajar kimia pada materi pokok reaksi oksidasi-reduksi kelas X semester 2diSMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam sampel penelitian ini adalah rumput laut, sedangkan sampel yang digunakan adalah rumput !aut jenis Eucheuma spinosum. Variabel bebas penelitian ini yaitu lama pengeringan dan cara perlakuan pengeringan. Lama pengeringan yang dibuat yaitu : I hari, 2 hari dan 3 hari. Sedangkan cara perlakuannya yaitu pengeringan langsung dengan cahaya matahari dan tak langsung menggunakan cahaya matahari (dibiarkan dalam ruangan terbuka).Variabel terikat penelitian ini adalah vitamin C. Analisis kadar vitamin C dilakukan dengan uji kualitatif menggunakan K1Vlh04 dan uji kuant1tatif dengan metode iodimetri. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan ANA VA-AB, jika menunjukkan beda yang signifikan dilakukan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lama pengeringan berpengaruh terhadap kadar vitamin C yang diperoleh dalam rumput !aut (Eucheuma spinosum). Semakin lama pengeringan maka semakin menurun kadar vitamin C yang terkandung di dalam rumput !aut Eucheuma spinosum. Bukan hanya lama pengeringan yang berpengaruh terhadap kadar vitamin C dalam rumput laut Eucheuma spinosum, tetapi cara pengeringan yang dilakukan juga berpengaruh. Berdasarkan penelitian ini, pengeringan langsung dengan cahaya matahari kadar vitamin C-nya lebih banyak dibandingkan pengeringan tak langsung menggunakan cahaya matahari. Proses dan hasil penelitian yang diperoleh dapat dijadikan alternatif sumber belajar kimia kelas X semester 2 di SMAIMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: vitamin C, Eucheuma spinosum, dan sumber be/ajar.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jan 2016 14:38
Last Modified: 11 Jan 2016 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum