EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOJK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SEMETER 1 SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

SITI AMIROH, NIM. 014550814 (2007) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI POKOJK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII SEMETER 1 SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk (l)mengetahui efektivitas penggunaari model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap peningkatan basil bela jar biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hi.dup, (2)mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran biologi matcri pokok ciri-ciri makhluk hidup terhadap tingkat keterampilan sosial siswa, (3)mengetahut tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi experimental), dengan desain pre-tesl post-lest con/rol group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester l SMP PIRI Ngaglik Sleman Yogyakarta. Sampel penelitian adalah siswa-siswa pada 2 kelas, yaitu kelas VIlA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIC sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sebelum digunakan untuk mengambil data, dilakukan uj i validitas dan reliabilitas terhadap instrumen. Analisis data meliputi penguj ian hipotesis dan analisis deskriptif. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji pendahuluan, yaitu uji norm:alitas dan uji homogenitas varians. Pengujjan hipotesis dan uji pendahuluan dilakukan dengan menggunakan program paket SPS 2000 edisi Sutrisno Hadi d:an Yuni Parmadiningsih. · Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1 )penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw efektif dalam meningkatkan basil belajar biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup, (2)penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup berpengaruh positif terhadap tingkat keterampilan sosial dalam diri siswa, (3)siswa memberi tanggapan yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, belajar, mahluk hidup
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Jan 2016 16:41
Last Modified: 11 Jan 2016 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18922

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum