PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI YAYASAN ANAKASUH TUNAS HARAPAN TERONG DLINGO BANTUL DIY ( STUDI TERHADAP KAJIARI ISLAM SABTU MALAM MINGGU )

IMRON JAUHARI, NIM. 01410660 (2007) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI YAYASAN ANAKASUH TUNAS HARAPAN TERONG DLINGO BANTUL DIY ( STUDI TERHADAP KAJIARI ISLAM SABTU MALAM MINGGU ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI YAYASAN ANAKASUH TUNAS HARAPAN TERONG DLINGO BANTUL DIY ( STUDI TERHADAP KAJIARI ISLAM SABTU MALAM MINGGU ))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI YAYASAN ANAKASUH TUNAS HARAPAN TERONG DLINGO BANTUL DIY ( STUDI TERHADAP KAJIARI ISLAM SABTU MALAM MINGGU ))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 25 July 2007.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanan Kajian Islam Sabtu Malam Minggu di Yayasan Tunas Harapan Terong Dlingo Bantu!. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk mengembangkan kegiatan Kajian Islam yang ada di yayasan tersebut. Penelitian ini rnerupakan penelitian kualitatif, dengan mengarnbil latar Yayasan Tunas Harapan Terong Dlingo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokurnentasi. Analisis •data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari rnakna itulah ditarik kesirnpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan rnengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan rnenggunakan sumber ganda dan metodc ganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Tujuan Kajian Islam Sabtu Malam Minggu dalam pendidikan agama Islam adalah menciptakan rnanusia yang beriman bertaqwa kepada Allah swt. dan berakhlak rnulia baik dari aspek kogniti( afektif dan psikornotor. (2) Materi yang diajarkan dalarn kajian Islam adalah Aqidah Akhlak, Al-Quran (Qiroah, Tajwid, dan Tadarus Al-Quran), dan Sholat (Pasholatan dan Praktek Sholat). Sedangkan metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, demontrasi(praktek), dan pembiasaan. (3) Hasil yang dicapai anak asuh setelah mengikuti Kajian Islam Sabtu Malam Minggu adalah adanya peningkatan pengetahuan ajaran agama Islam, baik yang berupa aspek kognitif yaitu pengetahuan tetang teori mernbaca Al-Quran yang baik dan benar menumt tajwid atau qiroahnya, mengetahui sholat yang baik dan benar, dan mengetahui akhlak yang baik. Maupun aspek afektif dan psikomotor yaitu dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar menurut tajwid atau qiroahnya, melakukan sholat dengan baik dan benar, dan mempunyai akhlak yang baik. Faktor pendukunbrnya adanya ustadz luar yang mendukung jalannya kajian dan adanya rasa kekeluargaan antara pengums, ustadz dan anak asuh. Faktor penghambat kurangnya SDM ustadz dan kurangnya buku penunjang dalam kajian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, anak asuh
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Jan 2016 11:14
Last Modified: 15 Jan 2016 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum