PENGARUH MENDENGARKAN SIARAN AGAMA ISLAM RADIO PERSADA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA IBU RUMAH TANGGA DESA WERU PACIRAN LAMONGAN

M. KHUMAINI, NIM: 02210893 (2006) PENGARUH MENDENGARKAN SIARAN AGAMA ISLAM RADIO PERSADA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA IBU RUMAH TANGGA DESA WERU PACIRAN LAMONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

M. Khumaini. Pengaruh mendengarkan siaran agama Islam Radio Persada terhadap pengamalan agama ibu rumah tangga Desa Weru Paciran Lamongan. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan siaran agama Islam di radio Persada serta untuk mengetahui pengaruh mendengarkan siaran agama Islam di radio Persada terhadap pengamalan agama ibu rumah tangga desa Weru Paciran Lamongan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dengan metode pengumpulandata berupa angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas serta analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan siaran agama Islam di Radio Persada terdiri dari beberapa bentuk siaran yaitu pengajian ikhya’ulumuddin, siraman rohani (setiap hari), pengajian agama (seminggu sekali). Materi meliputi aqidah, ibadah, akhlak dan mu’amalah, sedangkan metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab sehingga terjadi feed back. Dari hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment antara mendengarkan siaran agama Islam dan tingkat pengamalan agama ibu rumah tangga yang menghasilkan koefisien korelasi ® sebesar 0,572. Hal ini menunjukkan bahwa mendengarkan siaran agama mempunyai korelasi positif, yang berarti korelasi antara variabel mendengarkan siaran agama dan variabel pengamalan agama ada hubungan searah. Dengan demikian hipotesis diterima dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara mendengarkan siaran agama Islam di radio Persada terhadap pengamalan agama ibu rumah tangga Desa Weru Paciran Lamongan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Siaran, Radio, Ibu Rumah Tangga
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Jan 2016 15:13
Last Modified: 15 Jan 2016 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum