HAPPY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK TERPADU BUDI MULIA II SETURAN YOGYAKARTA (Studi Metode dan Materi)

Maria Ulfah, NIM. 03410014 (2007) HAPPY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK TERPADU BUDI MULIA II SETURAN YOGYAKARTA (Studi Metode dan Materi). Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text (HAPPY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK TERPADU BUDI MULIA II SETURAN YOGYAKARTA (Studi Metode dan Materi))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HAPPY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TK TERPADU BUDI MULIA II SETURAN YOGYAKARTA (Studi Metode dan Materi))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan happy learning meliputi materi, metode dan hasil yang dicapai dengan pelaksanaan happy learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK Terpadu Budi Mulia II Seturan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan menggunakan rnetode deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Yaitu pendekatan yang diawali dari munculnya tenomena yang mgm cbselld1k1 dengan seksama dan mendalam sehmgga memperoleh esensi dari fenomena yang dimaksud. Pendekatan ini digunakan untuk menemukan dan memahami apa yang tersembunyi dibalik fenomena secara mendalam menggunakan metode observasi,metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Happy Learning dilakukan dengan (I). Pengkondisian lingkungan belajar, yang meliputi pengkondisian lingkungan fisik dan lingkungan psikis,Penumbuhan emosi positif, Guru yang bersahabat, Keterampilan helajar, Pengaturan waktu Penggunaan media. (2). Metode yang digunakan dalam pembelajaran Agama Islam dengan menggunakan happy learning yaitu: metode bercerita, metode tanya jawab, metode eksperimen, metpde menyanyi, metode bermain, metode pengulangan, metode fieldtrip, metode pffmberian tugas individu atau kelompok (3). Materi yang ada dalam pembelajaraμ Agama Islam di TK TerpaduBudi Mulia II Yaitu meliputi: aspek aqidah, aspek akhlak dan aspek ibadah. (4). Hasil pembelajaran pendidikan agama islam dengaμ menggunakan happy learning meliputi: ranah kognitif berupa penguasaan matetj, ranah afektif meliputi perubahan sikap mental dan perasaan beragama, dan pada ranah psikomotorik hasilnya meliputi perubahan pengamalan tindakan yang sesuai dengan nilai-nilai agama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Marhumah, M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 18 Jan 2016 15:11
Last Modified: 18 Jan 2016 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18987

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum