PESANTREN YANBU'UL QUR'AN (Studi Tentang Sejarah Perkembangan Pesantren Tahfidh Anak-Anak Desa Krandon Kudus Jawa Tengah 1986-2006)

MOHAMMAD LUBAB NASHIH, NIM. 01120791 (2007) PESANTREN YANBU'UL QUR'AN (Studi Tentang Sejarah Perkembangan Pesantren Tahfidh Anak-Anak Desa Krandon Kudus Jawa Tengah 1986-2006). Skripsi thesis, Fakultas Adab.

[img]
Preview
Text (PESANTREN YANBU'UL QUR'AN (Studi Tentang Sejarah Perkembangan Pesantren Tahfidh Anak-Anak Desa Krandon Kudus Jawa Tengah 1986-2006))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PESANTREN YANBU'UL QUR'AN (Studi Tentang Sejarah Perkembangan Pesantren Tahfidh Anak-Anak Desa Krandon Kudus Jawa Tengah 1986-2006))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan dan penyiaran agama Islam, itulah identitas pesantren pada awal perkembangannya. Sekarang setelah te1jadi banyak perubahan dalam masyarakat, sebagai akibat dari pengaruh perkembangan zaman, definisi di atas tidak lagi memadai, walaupun pada intinya pesantren tetap berada pada fungsi aslinya yang selalu dipelihara di tengahtengah arus perubahan yang deras. 1 Pondok pesantren merupakan lembaga yang mewujudkan proses wajar perkembangan sistem pendidikan nasional. Dari segi historis pesantren tidak hanya mengandung makna keislaman, tetapi juga makna keaslian Indonesia (Jndigeneus) sebab lembaga serupa ini sudah ada sejak masa kekuasaan Hindu Budha.2 Pada awalnya pesantren hanya mumi mengajarkan ilmu agama Islam dengan metode yang tradisonal, tanpa adanya klasifikasi yang jelas dalam proses pendidikan dan pengajarannya. Lembaga pendidikan pesantren yang ciri-cirinya dipengaruhi dan ditentukan oleh pribadi pendirinya cenderung untuk tidak mengikuti suatu pola hidup tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zuhrotul Lathifah,S.Ag., M.A
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 19 Jan 2016 09:59
Last Modified: 19 Jan 2016 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18998

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum