PENERAPAN POLA AKAD INVESTASI MOBIL MENURUT TINJAUAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI FAMOUS TRANSPORTATION YOGYAKARTA)

Ahmad Harish, NIM.: 06380027 (2010) PENERAPAN POLA AKAD INVESTASI MOBIL MENURUT TINJAUAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI FAMOUS TRANSPORTATION YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN POLA AKAD INVESTASI MOBIL MENURUT TINJAUAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI FAMOUS TRANSPORTATION YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN POLA AKAD INVESTASI MOBIL MENURUT TINJAUAN HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI FAMOUS TRANSPORTATION YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Famous Transportation Yogyakarta adalah salah satu rental mobil yang memberi pelayanan persewaan mobil. Pada pengembangan rental Famous membutuhkan kepada merk-merk mobil yang layak sesuai kebutuhan konsumen. Permasalahan itu disikapi dengan membuka layanan investasi mobil kepada masyarakat umum yang memiliki mobil dan ingin memanfaatkan mobil yang menganggur di rumah. Penerapan pola akad investasi di Famous terbagi kepada dua sistem yaitu sistem investasi kontrak dan sistem investasi bagi hasil. Sistem investasi kontrak menyerahkan konpensasi di muka perjanjian. Sistem investasi bagi hasil ialah menyerahkan konpensasi di akhir pemakaian mobil dalam persewaan dirental. Permasalahan yang terjadi dalam terapan akad di Famous adalah pemberlakuan dua sistem perjanjian investasi yang dapat membuat ketidakseimbangan keuntungan pihak yang menginvestasikan mobil di rental. Penyusun menjadi tertarik untuk meneliti penerapan pola akad investasi mobil di Famous ditinjau dalam hukum Islam terutama menyoroti ketentuan akad pada masalah pembagian keuntungan untuk pihak mobil yang di investasikan. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan yang meliputi observasi secara langsung dan wawancara secara terpimpin kepada pengelola dalam bentuk tertulis interview guide) dan ada juga yang lisan kepada pemilik rental. Studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mendokumentasikan dokumen dan literatur yang berhubungan dengan materi penelitian. Sifat penelitian ini adalah perskriptif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendapatkan saran-saran mengenai apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah tertentu seperti menilai apakah penerapan akad investasi dalam rental mobil di Famaos rental seturan Yogyakarta yang dilakukan selama ini sudah sesuai dengan kaidah dan ketentuan hukum Islam Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan Normatif yaitu berlandaskan al-Qur’an, al-Hadis dan kaidah Fiqh. Setelah dilakukan penelitian, penerapan pola akad dalam investasi mobil di Famous sudah dilaksanakan dengan baik karena rental mengedepankan perjanjian investasi dan pelayanan terhadap pemilik mobil. Proses penerapan akad dan pembagian keuntungan dalam investasi ketidakseimbangan karena pihak rental masih memberlakukan sistem investasi kontrak. Pihak Famous bersikap pemberlakuan sistem investasi kontrak diberlakukan dengan ketentuan yang khusus dan dipersempit peluang investasi ini. Pandangan hukum Islam terhadap penerapan pola akad investasi mobil dalam Famous adalah menyoroti sisi perjanjian yang dilakukan dan tanggung jawab dari pelaksanaan investasi mobil tersebut. Akad yang diterapkan cukup sesuai dengan hukum Islam yaitu ada kerelaan, kejujuran dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Abdul Mujib, S.Ag., M.Ag. dan Nanang Moh Hidayatullah, SH.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Hukum Akad, Perjanjian Investasi, Inventasi Mobil
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jan 2016 09:02
Last Modified: 20 Mar 2024 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19008

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum