PENDIDIKAN MORAL MENURUT JOHN LOCKE PERSFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

NOVEM NUGROHO, NIM. 08410029 (2015) PENDIDIKAN MORAL MENURUT JOHN LOCKE PERSFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN MORAL MENURUT JOHN LOCKE PERSFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
08410029_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN MORAL MENURUT JOHN LOCKE PERSFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
08410029_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)

Abstract

NOVEM NUGROHO. Pendidkan Moral Menurut John Locke perspektif Pendidikan agama Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini bahwa kehidupan masyarakat kini dalam era modern yang ditandai dengan arus globalisasi mengalami dekadensi moral. Hal ini bisa kita saksikan melalui berbagai media tentang maraknya tindakan kriminal yang mencerminkan kemerosotan moral dalam masyarakat. Menariknya lagi, penyimpangan ini tidak hanya dilakukan oleh masyarakat yang tidak berpendidikan namun oknum berpendidikan pun ikut berpartisipasi dalam berbagai tindakan, seperti: korupsi, prostitusi, tawuran, dan perhelatan lainnya yang berujung pada berambisi saling membunuh. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang moral. Pendidikan moral menurut John Locke menjadi tawaran dalam membangun masyarakat modern dengan membekali peserta didik dengan pendidikan moral sejak dini. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pendidikan moral menurut John Locke perspektif pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang bagaimana pendidikan moral menurut John Locke perspektif pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian literer atau studi kepustakaan, dengan mengambil buah pikiran tokoh JOHN LOCKE dalam bukunya yang berjudul PENDIDIKAN MORAL Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan, terjemahan Lukas Ginting, sebagai objek penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisys content yakni dengan mengkaji buah pikiran tokoh. Pemikiran tokoh dianalisis dengan menggunakan pendekatan sosiologis yaitu dengan mengkaji peubahan perilaku masyarakat dalam hubungannya dengan kehidupan individu maupun kelompok berdasarkan relitas dan penghayatan yang dipaparkan dalam karya-karya sang tokoh. Hasil penelitian menunjukan: (1) pendidikan moral menurut JOHN LOCKE digunakan sebagai peletakan moral dasar bagi peserta didik, mengingat pentingnya pendidikan moral sebagai dasar kehidupan masyarakat. Pendidikan moral menurut JOHN LOCKE harus diberikan kepada peserta didik semenjak usia dini melalui pendidikan keluarga. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan kehidupan harmonis meskipun adanya persaingan sengit dalam dunia modern. Pendidikan moral digunakan sebagai acuan kolektif dalam realitas kehidupan bermasyarakat agar terciptanya suasana persaingan fair play antar umat manusia modern. (2) Pendidikan moral menurut JOHN LOCKE relevan dengan pendidikan agama Islam. Akhlak sebagai dasar moralitas sosila Di dalam Al-Qur’an terdapat perilaku (akhlak) terpuji yang hendaknya diaplikasikan oleh umat manusia dalam kehidupan sehari-hari. Karena akhlak mulia merupakan barometer terhadap kebahagiaan, keamanan, ketertiban dalam kehidupan manusia dan dapat dikatakan bahwa ahklak merupakan tiang berdirinya umat, sebagaimana shalat sebagai tiang agama Islam. Dengan kata lain apabila rusak akhlak suatu umat maka rusaklah bangsanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sabarudin, M. Si.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Jan 2016 08:35
Last Modified: 21 Jan 2016 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19021

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum