PENGAWASAN TEMAN SEBAYA DAN KETELADANAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN

ISNA FATKHURRAHMAN, NIM. 08410087 (2015) PENGAWASAN TEMAN SEBAYA DAN KETELADANAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGAWASAN TEMAN SEBAYA DAN KETELADANAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN)
08410087_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGAWASAN TEMAN SEBAYA DAN KETELADANAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN)
08410087_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)

Abstract

ISNA FATKHURRAHMAN. Pengawasan Teman Sebaya dan Keteladanan Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah ini adalah bahwa situasi kehidupan yang semakin berkembang, melihat keadaan yang terjadi di masyarakat semakin rusak pergaulan remaja masa kini. Sedangkan usia SMP ini merupakan usia labil, dimana mereka akan mencari jati dirinya pada usia ini, dan mereka cenderung akan mengikuti lingkungan yang paling kuat menariknya. Oleh karena itu perlu adanya cara untuk membendung pergaulan negative tersebut melalui sekolah. Disini sekolah sangat berperan penting, karena sekolah merupakan lingkungan ketiga setelah keluarga dan rumahnya. SMP Muhammadiyah 1 Sleman merupakan salah satu sekolah yang memiliki metode / cara untuk membendung perilaku negatif siswa tersebut. Diantara cara yang dilakukan guru untuk membendungnya adalah dengan menerapkan metode pengawasan teman sebaya dan keteladanan guru. Dan yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana bentuk pengawasan teman sebaya dan keteladanan guru tersebut, apa peranan guru dalam pengawasan teman sebaya, dan bagaimana hasil dari metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan: (1). Bentuk dari pengawasan teman sebaya adalah tamparan bagi yang berbicara kotor; cubitan bagi siswa yang makan / minum berdiri. Sedangkan bentuk dari keteladanan guru PAI adalah dalam hal tutur kata, perilaku dan respon terhadap permasalahan siswa. Pelaksanaan pengawasan teman sebaya dan keteladanan guru PAI yang dilakukan merupakan salah satu metode yang diharapkan mampu menekan sifat negative siswa dan terbukti mampu menekannya meskipun beberapa masih ada yang melanggarnya dan itu tergantung pada siswa itu sendiri (2) Peran guru dalam pengawasan teman sebaya ini sangat bagus, beliau selalu menanggapi positif laporan yang masuk tentang siswa / siswinya, baik itu dari siswa / siswinya maupun masyarakat sekitar, dan guru langsung bertindak saat itu juga dengan cara menghukum atau menasehatinya (3) Hasil dari pengawasan teman sebaya dan keteladanan guru PAI di SMP Muhammadiyah 1 Sleman ini sudah bagus dan sudah berjalan, hanya saja masih kurang evaluasi dan alur dari pengawasan teman sebaya sendiri, sehingga jika melihat realita disini, maka akan sangat terlihat kurang tertata program tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin,M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 13:43
Last Modified: 25 Jan 2016 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum