TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTS N LAB UIN YOGYAKARTA

AHMAD ZAKY ZAMANI, NIM. 08420077 (2015) TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTS N LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTS N LAB UIN YOGYAKARTA)
08420077_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MTS N LAB UIN YOGYAKARTA)
08420077_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di MTs N Lab UIN Yogyakarta dilihat dari pandangan teori Konstruktivisme. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi baru kepada stake holders dalam pembelajaran bahasa Arab pada umumnya, dan khususnya bagi MTs N Lab UIN Yogyakarta sebagai madrasah yang digunakan sebagai tempat penelitian. Salah satu metode yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah konstruktivisme yang berguna melatih kemandirian siswa. Diskusi bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi problematika belajar, diharapkan bisa menjadi jembatan bagi siswa yang sudah menguasai materi dan yang belum menguasai materi. Dengan demikian, akan terjadi interaksi sosial di dalam kelas dan secara psikologis akan berdampak baik bagi siswa kalau metode ini berjalan dengan baik. Guru hanya sebagai fasilitator, mediator, membantu siswa jika dibutuhkan. Hubungan guru dan murid adalah sebagai mitra, yang belajar secara bersamasama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jika dilihat dari jenis penelitian merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah siswa, guru bahasa Arab dan kepala sekolah. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran bahasa Arab di MTs N Lab UIN Yogyakarta jika ditinjau dari sudut pandang Konstruktivisme sudah berlangsung cukup baik serta berkembang dimana yang diutamakan adalah keterlibatan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.SI,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Konstruktivisme, Penelitian Deskriptif.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Jan 2016 09:45
Last Modified: 21 Jan 2016 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum