PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU MENGGUNAKAN KITAB AL-AJURUMIYYAH JAWAN KELAS I’DADY DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2015

MASYKUR HAMBA ROOHIMI, NIM. 10420069 (2015) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU MENGGUNAKAN KITAB AL-AJURUMIYYAH JAWAN KELAS I’DADY DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU MENGGUNAKAN KITAB AL-AJURUMIYYAH JAWAN KELAS I’DADY DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2015)
10420069_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU MENGGUNAKAN KITAB AL-AJURUMIYYAH JAWAN KELAS I’DADY DI PONDOK PESANTREN AL LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014-2015)
10420069_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran nahwu menggunakan kitab al-Ajurumiyyah Jawan di kelas i’dady, sistematika dan isi kitab al-Ajurumiyyah Jawan, dan problematika dalam proses pembelajaran nahwu beserta solusinya di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Penelitian lapangan (field research) ini merupakan penelitian dengan metode analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data yang terkumpul secara jelas dan terperinci. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi dengan sumber data Dewan Pendidikan, pengurus, ustadz dan santri kelas i’dady Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran nahwu di kelas I’dady cukup berjalan lancar dengan metode Grammar Method. (2) sistematika dan isi kitab al-Ajurūmiyyah Jawan diklasifaksi perbab, mulai Muqodimah hingga Bab al-Af’al sebanyak 23 halaman. Kitab pendukungnya yaitu Nazam Tarjamah Al-Ajurumiyyah Jawann yang disusun oleh Mahmud Bin Muhtar dengan menggunakan bahasa Jawa. Kitab al-Ajurumiyyah Jawan kurang relevan sebagai buku teks acuan pelajaran nahwu di kelas I’dady sesuai standar Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (3) Adapun problematika dalam Proses Pembelajaran Nahwu penulis klasifikasikan menjadi dua yaitu: problematika Linguistik yang mencangkup tata bunyi, kosa kata, tata bahasa dan tulisan; dan problematika non linguistik yang mencangkup problem metodologis (tenaga pengajar, siswa, kurikulum, materi, alokasi waktu dan media pembelajaran) dan problem sosiologis (kebijakan Dewan Pendidikan, sikap wali santri dan lingkungan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksuddin, M.A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, problematika, nahwu al-Ajurumiyyah Jawan.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Jan 2016 10:11
Last Modified: 25 Jan 2016 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19040

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum