PENGEMBANGAN KREATIVITAS BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN OUTBOND PESANTREN RAMADHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK

GANJAR SRI HUSODO, NIM. 08410102 (2015) PENGEMBANGAN KREATIVITAS BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN OUTBOND PESANTREN RAMADHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN OUTBOND PESANTREN RAMADHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK)
08410102_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN OUTBOND PESANTREN RAMADHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 DEPOK)
08410102_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

GANJAR SRI HUSODO. Pengembangan Kreativitas Belajar PAI Siswa Kelas VIII Melalui Kegiatan Outbond Pesantren Ramadhan Di SMP Muhammadiyah 1 Depok. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Proses berkembang akan dialami setiap manusia selama masih hidup. Itu artinya bahwa berkembang atau perkembangan adalah suatau keniscayaan. Untuk itu perlu suatu konsep pengembangan yang baik agar proses berkembang itu juga menuju kepada hal yang baik. Sekolah sebagai tempat untuk mendidik anak tentu juga harus mengarahkan perkembangan anak kepada hal-hal yang mendorongnya untuk semangat dalam belajar. Proses mendorong perubahan anak didiknya agar bisa belajar dengan baik adalah dengan pengembangan kreativitas belajar khususnya pada pembelajaran PAI. Metode yang digunakan untuk pengembangan kreativitas belajar tersebut adalah menggunakan kegiatan outbond. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan psikologi pendidikan sebagai pendekatanya, dan mengambil latar SMP Muhammadiyah 1 Depok. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan dokumentasi, Observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan pembelajaran PAI melalui kegiatan outbond pesantren ramadhan kelas VIII pada SMP Muhammadiyah 1 Depok, yang diselenggarakan pada hari Rabu-Kamis tanggal 24-25 Juni 2015 berjalan dengan baik. Dimulai dari menyusun latar belakang, tema, tujuan dan target, waktu dan tempat pelaksanaan, panitia dan pendamping, materi, menentukan permainan (games) outbond pesantren ramadhan sampai pelaksanaanya sesuai rencana. (2) Pengembangan kreativitas belajar siswa kelas VIII melalui kegiatan outbond pesantren ramadhan dilakukan dengan cara mengembangkan aspek-aspek kreativitas yang ada. Harapanya aspek-aspek kreativitas akan berkembang secara mandiri seiring dengan proses belajarnya. Adapun aspek kreativitas yang diambil dan dikembangkan peneliti dalam pembelajaran PAI melalui kegiatan outbond pesantren ramadhan ada 7, yaitu: Rasa Ingin Tahu, Imajinasi, Tertantang, Berani, Menghargai, Semangat, dan Kelancaran. (3) Kendala dalam pengembangan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 1 Depok terbagi menjadi 3 yaitu, kendala dari keluarga dan kendala dari sekolah dan tekanan teman sebaya. Pada kenyatanya, baik keluarga maupun sekolah belum bisa menggunakan evaluasi, hadiah, kompetisi, dan pilihan secara tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 13:45
Last Modified: 25 Jan 2016 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19044

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum