EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FIQH DI KELAS XI IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOSARI GUNUNG KIDUL

FERY ADE SAPUTRA, NIM. 08410108 (2015) EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FIQH DI KELAS XI IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOSARI GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FIQH DI KELAS XI IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOSARI GUNUNG KIDUL)
08410108_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FIQH DI KELAS XI IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOSARI GUNUNG KIDUL)
08410108_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)

Abstract

FERYADE SAPUTRA, 08410108. Efektifitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Fiqh di Kelas XI IPA 1 MAN Wonosari, Gunung Kidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan teknologi seperti saat ini ternyata masih ada guru yang belum benar-benar memanfaatkan media pembelajaran, masih ada guru yang hanya menggunakan media pembelajaran yang biasa-biasa saja, dan membuat siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran dikelas. Memang benar jika kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dalam pelajaran fiqh lebih banyak menggunakan metode ceramah dan didukung pula dengan metode demonstrasi, tetapi akan lebih baik lagi jika ditambahkan pemanfaatan media pembelajaran yang ada, agar pembelajaran semakin efektif dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan media pembelajaran fiqh serta Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan media pembelajaran fiqh di kelas XI IPA 1 MAN Wonosari Gunungkidul . Diharapkan Penelitian ini dapat menjadi sumbangan pemikiran dalam bidang pendidikan khususnya tentang pemanfaatan media pembelajaran Fiqh, bagi MAN Wonosari Gunungkidul khususnya dan instansi sekolah lain pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yaitu penelitian deskriptif yang menyajikan data secara sistematik dan memaparkan tentang obyek yang sebenarnya di lapangan. pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif yang dikembangkan oleh Milles dan Hubberman dengan tiga langkah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pemanfaatan media pembelajaran fiqh di kelas XI IPA 1 MAN Wonosari sudah bisa dikatakan efektif, karena sudah mencapai tujuan,dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya, mampu membangkitkan minat siswa, memiliki ketepatan informasi, memiliki kualitas yang baik, memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi. (2) kelebihan dari media pembelajaran fiqh di kelas XI IPA 1 adalah mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa, mampu membangkitkan motivasi belajar siswa, model pembelajaran berubah dari yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sedangkan kekurangannya terletak pada aspek teknis. Dengan kata lain, faktor penguasaan guru terhadap media-media tersebut sangat menentukan jika media-media itu benar-benar akan dijadikan sebagai alat untuk proses belajar dan mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 13:47
Last Modified: 25 Jan 2016 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum