KEBIASAAN SHALAT DHUHA DAN PERANANNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM

HASNAN AMIN HAWARY, NIM. 08410228 (2015) KEBIASAAN SHALAT DHUHA DAN PERANANNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIASAAN SHALAT DHUHA DAN PERANANNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM)
08410228_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEBIASAAN SHALAT DHUHA DAN PERANANNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PAKEM)
08410228_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

HASNAN AMIN HAWARY. Kebiasaan Shalat Dhuha dan Peranannya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Pakem Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini di latar belakangi oleh keprihatinan penulis terhadap siswa-siswa usia SMP, keadaan tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran untuk menjalankan shalat. Siswa SMP berada pada fase usia yang identik dengan emosi yang masih labil, karena mereka berada pada masa peralihan dari anak menjadi remaja, yang batas usianya dari 12-19 tahun. Pada masa peralihan ini membawa banyak kesulitan dalam penyesuaian dengan lingkungannya. Untuk mencegah maraknya penyimpangan yang dilakukan oleh remaja perlu adanya sarana yang dapat membatasi gerak mereka untuk melakukan hal-hal yang negatif. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan shalat dhuha di SMP Muhammadiyah Pakem, Apa peranan shalat dhuha terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Pakem, dan Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan shalat dhuha sebagai sarana meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji proses kebiasaan pelaksanaan shalat dhuha terhadap prestasi belajar di SMP Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah Pakem. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu cara menarik kesimpulan dengan berangkat dari fakta-fakta yang khusus menuju kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan shalat dhuha di SMP Muhammadiyah Pakem sudah berjalan cukup baik, para siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha dengan tertib dan disiplin di sekolah. (2) Peranan shalat dhuha bagi para siswa-siswi SMP Muhammadiyah Pakem adalah meningkatnya minat dan prestasi belajar, sehingga tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran agama lebih mendalam. Dalam prosesnya tentunya ada beberapa faktor pendukung dan juga penghambat, diantara faktor pendukung yaitu adanya kesamaan visi misi para pendidik untuk menegakkan shalat dhuha serta peran aktif yang dicontohkan oleh pendidik kepada siswa. Adapun faktor penghambatnya, yaitu adanya latar belakang keluarga siswa yang berbeda-beda, yang masih kurang akan pengetahuannya dalam ilmu agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 13:57
Last Modified: 25 Jan 2016 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum