INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK) DAN PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL)

JA’FAR SIDIQ, NIM. 08410239 (2015) INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK) DAN PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK) DAN PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL))
08410239_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN (MAK) DAN PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL))
08410239_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)

Abstract

JA`FAR SIDIQ, Integrasi Kurikulum Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) dan Pesantren Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur`an (Studi Kasus Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Sewon Bantul) . Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi atau adanya keterkaitan antara kurikulum yang ada di Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) dalam pembelajaran Tahfidzul Qur`an dengan pembelajaran Tahfidzul Qur`an yang ada di Pesantren An-Nur Ngrukem Sewon Bantul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi lembaga pendidikan tersebut dalam menjaga dan memajukan pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur`an agar lebih baik lagi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) al-Ma‟had An-Nur dan pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Sewon Bantul yang keduanya dibawah naungan satu yayasan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu suatu analisa yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan menurut kategori untuk mendapat suatu kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Adanya integrasi yang terdapat di Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) al-Ma‟had An-Nur dengan Pondok Pesantren An-Nur dalam hal Kurikulum dan pembelajaran Tahfidzul Qur`an adalah bertujuan untuk menjaga dan memperlancar hafalan dari santri-santri pondok pesantren An-Nur yang juga masih menjadi siswa di Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) al-Ma‟had An-Nur. 2) Metode pembelajaran Tahfidzul Qur`an yang digunakan di Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) al-Ma`had An-Nur juga mengadopsi dari metode tahfidz yang ada di pondok Pesantren An-Nur seperti metode sorogan, sima`an dan membaca secara bersama-sama. Selain itu MAK al-Ma‟had An-Nur juga mengevaluasi hafalan dari para siswa dengan cara setoran, yaitu setiap siswa harus menyetorkan hafalannya kepada guru pengampu dengan target tertentu. Selain setoran juga menggunakan teknik evaluasi MHQ (musabaqah Hifdhi al-Qur’an). Dengan begitu maka pembelajaran Tahfidzul Qur`an yang ada di MAK sangat berguna bagi siswa yang juga menghafal di Pondok Pesantren An-Nur, karena selain dapat menjaga hafalan juga lebih memperlancar yang telah dihafalkan oleh para siswa atau santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Integrasi Kurikulum, Madrasah Aliyah Keagamaan, Pembelajaran Tahfidh
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 13:59
Last Modified: 25 Jan 2016 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum