UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI MELALUI SHALAT DHUHA BERJAMAAH SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH MERTOSANAN POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL

AMBAR DWI KUSMIYANI, NIM. 08410272 (2015) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI MELALUI SHALAT DHUHA BERJAMAAH SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH MERTOSANAN POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI MELALUI SHALAT DHUHA BERJAMAAH SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH MERTOSANAN POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL)
08410272_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI MELALUI SHALAT DHUHA BERJAMAAH SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH MERTOSANAN POTORONO BANGUNTAPAN BANTUL)
08410272_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)

Abstract

AMBAR DWI KUSMIYANI.Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Melalui Shalat Dhuha Berjamaah Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Mertosanan Potorono Banguntapan Bantul.Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI melalui shalat dhuha berjamaah di SD Muhammadiyah Mertosanandan untuk mengungkap faktor penghambat serta faktor pendukung dalam pelaksanaan shalat dhuha berjamaah kelas 3 di SD Muhammadiyah Mertosanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Mertosanan Potorono Banguntapan Bantul.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisa data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil di kumpulkan dan dari makna itulah di tarik kesimpulan.Pemeriksaan keabsahan data di lakukan dengan menggunakan triangulasi dengan menarik kesimpulan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan: 1)Kegiatan shalat dhuha berjamaah di SD Muhammadiyah mertosanan sudah berjalan baik dan lancar. Ini di buktikan dengan hasil observasi yang sudah peneliti lakukan yaitu anak-anak kelas 3 sudah bisa mengkondisikan dirinya untuk langsung bergegas ke mushola sekolah saat mendengar bel sekolah berbunyi.Kegiatan ini sangat menunjang aktivitas pembelajaran di dalam kelas.Karena dengan shalat dhuha berjamaah siswa merasa lebih baik dan berkonsentrasi dalam pembelajaran.2) Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas 3 melalui shalat dhuha berjamaah dikatakan berhasil.Karena setelah di adakan shalat dhuha berjamaah siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Mertosanan menjadi lebih tekun, fokus dan tanggung jawab dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas.3) Faktorpendukung kegiatan shalat dhuha berjamaah siswa kelas 3 adalah sikap antusias siswa, fasilitas pelaksanaan shalat dhuha, adanya contoh dari kakak kelas dan hukuman yang telah dibuat dan di sepakati bersama. Sedangkan faktor penghambat keiatan shalat dhuha berjamaah adalah sifat kekanak-kanakan yang masih suka bermain dan keterbatasan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 14:06
Last Modified: 25 Jan 2016 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum