PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA SAMA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMPEL KABUPATEN SLEMAN

ARIKA KUSUMANINGRUM, NIM. 09410162 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA SAMA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMPEL KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA SAMA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMPEL KABUPATEN SLEMAN)
09410162_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA SAMA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMPEL KABUPATEN SLEMAN)
09410162_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ARIKA KUSUMANINGRUM, Pembentukan Karakter Kerjasama dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Tempel Kabupaten Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pelaksanaannya. Sebab, dari penelitian tersebut maka akan menentukan identitas dan isi dari pendidikan. Melalui pendidikan karakter, peserta didik diharapkan mampu meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Melalui pendidikan karakter diharapkan setiap lulusan memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkarakter mulia, kompetensi akademik yang utuh dan terpadu, sekaligus memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan norma-norma dan budaya masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai pembentukan karakter kerja sama yang ada di sekolah mulai dari proses pembelajarannya dan hasilnya yang dicapai serta faktor apa saja yang dapat menghambat dan mendukung kegiatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MAN Tempel Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang diperoleh dan dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: pelaksanaan pembelajaran melalui pembentukan karakter kerja sama telah berjalan dengan baik dan lancar, di mana guru memberikan metode diskusi kelompok dan hasil yang dicapai dilakukan dari evaluasi setelah diskusi kelompok dan guru memberikan soal berupa pilihan ganda dan uraian kemudian guru membandingkan nilai evaluasi sebelum menggunakan pembelajaran aktif (active learning) dan sesudah menggunakan pembelajaran aktif (active learning). Menununjukkan bahwa terjadi kenaikan nilai yang signifikan lebih banyak siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Jadi, dengan menggunakan pembelajaran aktif (active learning) ini dilihat hasil dari penelitian siswa lebih mudah dalam menerima pelajaran dan lebih konsentrasi saat mengikuti pelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 14:10
Last Modified: 25 Jan 2016 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19057

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum