MUSIK GAMBUS SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN AKHLAK DI UKM JQH AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA

RANU NADA IRFANI, NIM. 09410233 (2015) MUSIK GAMBUS SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN AKHLAK DI UKM JQH AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MUSIK GAMBUS SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN AKHLAK DI UKM JQH AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA)
09410233_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MUSIK GAMBUS SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN AKHLAK DI UKM JQH AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA)
09410233_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

RANU NADA IRFANI. Musik Gambus Sebagai Sarana Pendidikan Akhlak di UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalahnya pada fenomena saat ini, kalangan yang sangat rentan mengalami dekadensi moral adalah anak remaja. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, salah satu faktornya adalah lingkungan pergaulan bebas di kalangan remaja. Musik merupakan salah satu kesukaan para remaja, sebagai suatu bentuk hiburan, musik bisa memberikan ketenangan bagi pendengarnya. Musik memiliki pengaruh terhadap kondisi jiwa pendengarnya, jadi dapat dikatakan bahwa musik yang baik dapat mempengaruhi kondisi jiwa pendengarnya dengan kebaikan pula, begitu juga sebaliknya. Kaitannya dengan musik gambus yang merupakan salah satu dari aliran musik Islami, diharapkan dapat membawa pendengarnya untuk selalu mengingat kepada Allah kemudian dapat dimplementasikan melalui akhlakul karimah. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan musik gambus sebagai sarana pendidikan akhlak, serta apakah faktor-faktor yang mendukung dan menghambat musik gambus sebagai sarana pendidikan akhlak di UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data yang berhasil dikumpulkan yang kemudian disajikan dalam bentuk narasi, dan dari hasil itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya pemikiran tentang pembentukan musik gambus di UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga salah satunya ialah sebagai sarana pendidikan akhlak. Hal ini didasari oleh visi dan misinya, Adapun dalam penerapannya dapat diwujudkan melalui beberapa tahapan, diantaranya ialah: pertama tahap persiapan yang berupa latihan; kedua, tahap pemilihan lagu; ketiga, tahap penampilan, yang dimaksudkan ialah pementasan. (2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat musik gambus sebagai sarana pendidikan akhlak di UKM JQH UIN Sunan Kalijaga. Adapun Faktor-faktor yang mendukung musik gambus sebagai sarana pendidikan akhlak antara lain: faktor lingkungan, faktor kegiatan (yang menunjang pendidikan akhlak), dan faktor komposisi musik yang di dalamnya terdapat irama, nagham/maqamat. Sedangkan faktor penghambatnya ialah terlalu fokus dalam permainan musik dan penghafalan syair, tidak dapat memahami dan menghayati makna dan isi serta spirit dari lagu yang dibawakan, adanya niat tanpa keikhlasan semisal keinginan untuk menjadi popular dan ngartis, hilangnya esensi seni agama menjadi seni panggung, dan pelantunan musik (lagu) secara berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 14:11
Last Modified: 25 Jan 2016 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum