KONSEP INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM MOHAMMAD NATSIR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM

HAMDANI, NIM. 09410235 (2015) KONSEP INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM MOHAMMAD NATSIR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM MOHAMMAD NATSIR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM)
09410235_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM MOHAMMAD NATSIR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM)
09410235_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

HAMDANI. Konsep Integrasi Pendidikan Islam Menurut Mohammad Natsir dan Implementasinya dalam Pengembangan Kurikulum. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2015 Latar belakang penelitian ini adalah adanya dikotomi dalam pendidikan Islam yang disebabkan pengaruh sekularisme yang berimbas dalam dunia pendidikan, selain itu banyak dari kalangan muslim yang bertaklid buta, sehingga kejumudan berpikir masih banyak terjadi dikalangan kaum muslimin. Hal tersebut berimplikasi pada perkembangan pendidikan Islam khususnya di Indonesia, pendidikan Islam meskipun telah berkembang namun masih banyak yang jauh dari harapan. Salah satu untuk memperbaikinya adalah lewat pengembangan kurikulum. Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan sekaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pengajaran. Pengembangan kurikulum meliputi tujuan, isi atau materi, metode serta evaluasi. Perlunya pengembangan kurikulum diharapkan dapat memecah kebuntuan atas berbagai masalah yang dihadapai oleh pendidikan Islam, dengan menghadirkan pemikiran Mohammad Natsir yang memandang pendidikan merupakan syarat utama untuk memajukan suatu bangsa. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan Islam integral, harmonis dan universal dapat diaplikasikan dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang konsep pendidikan Islam integral, harmonis dan universal serta implementasinya dalam pengembangan kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, yaitu kajian literatur melalui riset kepustakaan dengan menggunakan data kualitatif. Pendekataan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Filosofis. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pendidikan Islam yang dikemukakan oleh Mohammad Natsir bersifat integral, harmonis dan universal, ada keseimbangan antara jasmani dan rohani, ilmu agama dan ilmu umum serta dunia dan akhirat. (2) tujuan pendidikan Islam identik dengan tujuan hidup manusia, yakni menjadi hamba Allah SWT yang sesungguhnya, sehingga nantinya bisa menjadi khalifah di bumi yang rahmatan lil alamin. (3) Materi pendidikan Islam meliputi akidah (tauhid), ibadah, keterampilan, sejarah, akhlak, bahasa asing, dan seni. (4) Metode pendidikan Islam berupa cerita, dan keteladanan. (5) Evaluasi pendidikan Islam harus selaras dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Integrasi Pendidikan Islam, Mohammad Natsir, Pengembangan Kurikulum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jan 2016 14:13
Last Modified: 25 Jan 2016 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19059

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum